Cara Jitu Atasi Gangguan Kenektivitas Internet Selama Mudik Lebaran

Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) RI
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Mudik lebaran adalah momen terbaik sepanjang tahun untuk berkumpul dengan keluarga dan para kolega di kampung halaman. Namun terkadang, momen baik itu terganggu oleh konektivitas jaringan internet yang buruk. Akibatnya pengguna smartphone tidak bisa berselancar dengan normal. 

Sering Buka Situs Sensitif dan Berbahaya? Ini Cara Mudah Hapus Jejak Digital

Namun jangan khawatir. Kominfo kini memiliki cara jitu untuk mengatasi gangguan konektivitas jaringan internet. Yakni dengan memanfaatkan aplikasi Sigmon selama masa mudik lebaran 2024 ini.

Dikutip dari VIVA, Rabu, 4 April 2024, aplikasi yang bisa diunduh oleh pemilik ponsel pintar (smartphone/HP) dengan sistem operasi Android maupun iOS ini merupakan alat pengukur kecepatan konektivitas yang dikembangkan oleh Kemenkominfo.

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

"Masyarakat dapat memanfaatkan aplikasi Sigmon untuk melakukan pengukuran kualitas layanan telekomunikasi di lokasi mereka berada secara real-time," kata Direktur Jenderal Penyelengaraan Pos dan Informatika Kemenkominfo di Jakarta, Senin, 1 April 2024.

Data hasil pengukuran Sigmon akan secara otomatis terkirim ke sistem Pusat Monitoring Telekomunikasi (PMT). Apabila terdapat hasil pengukuran di bawah 1 Mbps, maka sistem PMT akan mengirimkan tiket kepada operator untuk ditindaklanjuti dan dilakukan perbaikan.

Tips Merawat Mobil yang Lama Tidak Terpakai usai Ditinggal Mudik

Aplikasi tersebut memiliki fitur Speed Test, Web Test, Video Test, Multi Test, My Stat, RF Parameter, Route Test, dan Network Map.

Kecepatan dan kualitas jaringan saat mengakses layanan di ruang digital dapat dicek menggunakan fitur Speed Test, Web Test, Video Test, Multi Test. Seluruh hasil tes dapat dilihat lewat opsi History.

Halaman Selanjutnya
img_title