Gempa Bumi 7,4 SR yang Melanda Taiwan Berpotensi Tsunami, Berdampak ke Indonesia?

Ilustrasi gempa bumi
Sumber :
  • Viva

Taiwan, VIVA JatimPantai timur Taiwan dilanda gempa bumi berkekuatan 7,4 Skala Ritcher pada Rabu pagi ini, 3 April 2024, yang mana disebut sebagai gempa terkuat yang melanda pulau itu dalam 25 tahun terakhir.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Gempa berpotensi tsunami itu terjadi pada hari ini pukul 07:58 waktu setempat (23:58 GMT) pada kedalaman 15,5 km dan telah memicu setidaknya sembilan gempa susulan berkekuatan 4 atau lebih besar. 

Pusat gempa Bumi terletak sekitar 18 km (11 mil) selatan kota Hualien Taiwan, menurut Badan Geologi AS. Gempa ini juga memicu peringatan tsunami, tidak hanya untuk Taiwan, dan negara seperti Jepang dan Filipina. Adakah dampaknya ke Indonesia?

Gempa Terkini 5,3 Magnitudo Guncang Gorontalo

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga mengumumkan efek Gempa Bumi Taiwan ke Indonesia melalui media sosial X. 

"Gempa Taiwan M7,4 berpotensi tsunami tetapi tidak akan berdampak signifikan hingga wilayah Indonesia," ungkap Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono.

Waspada! Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Sejumlah Wilayah Perairan Indonesia

Ia juga menjelaskan bahwa Gempa Bumi Taiwan menyebabkan gelombang tsunami yang terdeteksi di Jepang dan Filipina. 

"Tsunami terdeteksi di Taiwan 45 cm. Dampak gempa M7,4 di Taiwan, Tide Gauge Ishigakijima, Jepang, mencatat tinggi maksimum tsunami hingga saat ini 13 cm," jelas dia.

Halaman Selanjutnya
img_title