Menhub, Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Fasilitas Pelayanan Mudik di Terminal Purabaya Sidoarjo

Menhub, Kapolri dan Panglima TNI tinjau Terminal Purabaya.
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Sidoarjo, VIVA Jatim – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Agus Subiyanto meninjau fasilitas pelayanan mudik Lebaran 2024 di Terminal Purabaya di Kelurahan Bungurasih, Kabupaten Sidoarjo, Kamis 4 April 2024.

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

Rombongan tiba di terminal sekitar pukul 16.25 WIB. Begitu tiba di lokasi, ketiga pejabat nasional itu diminta menyerahkan bingkisan kepada para pemudik secara simbolis yang antre di ruang tunggu Terminal Purabaya.

Setelah itu rombongan meninjau Pos Terpadu Operasi Ketupat Semeru 2024, Pos Pengamanan Terpadu Lebaran 2024 serta Gerai Tes Urine Pengemudi yang berada di area keberangkatan bus Terminal Purabaya, Sidoarjo.

Sidang Sengketa Pilpres 2024 Digelar Hari Ini, 7 Ribu Lebih Aparat Amankan Pembacaan Putusan MK

Pada kesempatan itu, Menteri Budi Karya Sumadi mengatakan, kedatangannya untuk memastikan kesiapan fasilitas yang ada di Terminal Purabaya dalam menyambut periode mudik Lebaran 2024.

"Apa yang dilakukan [di Terminal Purabaya] melebihi apa yang dilakukan biasanya, ada tes kesehatan, tes urine dan sebagainya. Ini menunjukkan satu standar baru bagi terminal-terminal yang ada di tempat lain," ujar Budi di hadapan awak media.

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

Ia berharap, pengemudi bus agar mematuhi aturan saat mengemudi. Pun dengan petugas Dinas Perhubungan setempat maupun perusahaan otobus juga diminta supaya melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan secara rutin sebelum dioperasikan.

"Kalau orang [pengemudinya] sehat, busnya sehat dan taat pada aturan, Insha Allah [mudik] akan berjalan baik," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
img_title