Pemkab Kediri Pantau Arus Mudik Gunakan ATCS dan Puluhan CCTV

Suasana lalin dalam pantauan ATCS Dishub Kediri
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Kediri, VIVA Jatim- Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menyiapkan teknologi Area Traffic Control System (ATCS) dan kamera CCTV di beberapa lokasi. Teknologi tersebut digunakan guna memantau arus lalu lintas selama masa mudik maupun arus balik di Kabupaten Kediri. 

Revitalisasi TPST Branggahan, Cara Pemkab Kediri Tingkatkan Pengelolaan Sampah

Staf Sistem Informasi Dishub Kabupaten Kediri, Luhur Darma menuturkan teknologi ATCS bisa memantau titik-titik yang biasa dilewati pemudik. Melalui pemantauan, personil gabungan pengamanan arus mudik lebaran bisa dikerahkan dengan cepat apabila terjadi kemacetan.

"Total ada 10 ATCS dan 53 kamera pantau CCTV yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Kediri. Teknologi ini untuk mengurai lalu lintas di beberapa simpang yang ada traffic light," ujar Luhur Darma, Senin, 8 April 2024.

Satlantas Polres Lamongan Klaim Angka Kecelakaan Minim di Jalur Mudik Lebaran

Menurutnya ATCS ini dipakai lantaran bisa langsung melakukan pemantauan secara real time. Sehingga hal tersebut bisa cukup membantu sekaligus menganalisa potensi kemacetan saat terjadi penumpukan volume kendaraan di beberapa ruas.

Selain itu, Dishub Kabupaten Kediri juga telah menyebar seluruh personel guna mengamankan jalannya mudik lebaran di 6 titik pos pengamanan (pos pam). Bersama anggota TNI, Polri, Banser serta relawan lain yang tergabung dalam operasi ketupat dari tanggal 04-16 April 2024. 

Diskon Tarif Tol di 3 Lokasi Mulai Hari Ini, Ada Jalur Jombang-Mojokerto

"Termasuk di Kantor Dishub kami juga ada pos jaga stand by untuk memantau jalannya arus mudik lebaran," bebernya.

Luhur menambahkan melalui pantauan ATCS H-2 lebaran ini, peningkatan arus mudik mulai terlihat di Simpang Tiga Mengkreng. Volume kendaraan roda dua maupun roda empat sudah arah masuk ke Kediri. Ketika terdapat penumpukan kendaraan di Simpang Mengkreng, personel akan melakukan pengalihan arus di Simpang 4 Papar.

Halaman Selanjutnya
img_title