Tebing Sepanjang 15 Meter di Trenggalek Longsor, Jalan Penghubung Desa Lumpuh

Petugas membersihkan tanah longsor di Desa Bangun, Trenggalek
Sumber :
  • BPBD Trenggalek

Trenggalek, VIVA Jatim – Tebing sepanjang 15 meter dengan lebar 5 meter di Dusun Parang Desa Bangun Kecamatan Munjungan Kabupaten Trenggalek, mengalami longsor. Longsor terjadi akibat diguyur hujan deras lebih dari empat jam. Akibatnya, jalan penghubung antar desa sempat lumpuh tidak bisa dilalui.

Longsor Ancam 8 Rumah di Mojokerto, Polisi Turun Tangan Bantu Warga

"Akibat longsor sementara jalan tidak bisa dilalui roda 2 dan roda 4," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono, Kamis, 11 April 2024.

Triadi menjelaskan, longsor terjadi pada Kamis, 11 April 2024, dinihari sekira pukul 01.30 WIB.

Dihantam Ombak, Penambang Pasir di Bojonegoro Hilang Tenggelam

"Sebelumnya, Rabu, 10 April 2024 pukul 22.00 sampai 02.00 WIB di wilayah Kecamatan Munjungan diguyur hujan dengan intensitas sedang sampai tinggi," kata Triadi.

Mendapat laporan adanya tanah longsor, TRC BPBD, Relawan BPBD, TNI, Polri, Perangkat Desa dan warga setempat langsung mendatangi lokasi kejadian dan melaksanakan kerja bakti membersihkan tanah longsor yang menimbun badan jalan.

Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru, 3 Orang Tewas

"Baru pukul 09.00 WIB jalan yang awalnya tertutup sudah bisa dilalui," ujarnya.

Triadi mengimbau warga yang berada di pegunungan untuk tetap waspada saat terjadi hujan deras. Termasuk pengguna jalan supaya lebih berhati-hati saat hujan deras.

Halaman Selanjutnya
img_title