Kabar Baik Nelayan Tulungagung! SPBN Segera Dibangun di Pantai Popoh

Pengisian BBM khusus nelayan di Pantai Selatan Tulungagung-Trenggalek
Sumber :
  • VIVA Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA Jatim – Kabar baik bagi para nelayan pantai selatan Kabupaten Tulungagung. Mulai tahun 2024 ini, bakal dibangun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN). Saat ini masih dalam proses perizinan.

Pj Gubernur Jatim Sebut Selesaikan JLS Trenggalek Butuh Rp 200 Miliar

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tulungagung Lugu Tri Handoko mengatakan, pembangunan SPBN itu diusulkan pada 2023 lalu. Untuk BBM subsidi dan SPBN masih dalam proses kerjasama dengan pihak ketiga. 

"Rencana nanti dibangunkan di Popoh. Itu kewenanganya di tingkat 1 (provinsi), ini masih proses perizinannya, rencana tahun 2024 ini mau dibangun," ujar Tri Handoko, Jumat, 3 Mei 2024.

H+1 Lebaran Wisata Pantai Selatan Diprediksi Membludak, Jadi Atensi Satlantas Polres Tulungagung

Menurut Tri Handoko, izin pembangunan SPBN itu harus melalui pemerintah provinsi, sedangkan Dinas Perikanan hanya menyetujui dan mengetahui karena data nelayan ada di daerah. 

Saat ini proses izin masih di Kementerian Perikanan dan Kelautan. "Mulai perizinan sampai untuk membangun dari provinsi ke pusat," ungkapnya.

Polres Gresik Cek Stok BBM Subsidi di SPBU Jelang Hari Raya, Belum Ditemukan Penyalahgunaan

Lokasi pembangunan SPBN dipilih di Pantai Popoh lantaran letaknya berada di tengah-tengah. Terlebih jumlah nelayan paling banyak ada di Popoh sebanyak 500 orang.

"Yang dari Kalidawir maupun Jengglung boleh, makanya kita mempermudah akses di tengah. Karena yang paling banyak nelayan di Pantai Popoh, Sidem Besole 500 orang," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title