PDIP Cermati Peluang Anies-Ahok untuk Diusung di Pilkada Jakarta 2024

Sekjend PDI-P Hasto Kristiyanto.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Jakarta, VIVA Jatim – PDI Perjuangan tengah mencermati sejumlah nama yang akan diusung sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta pada Pilkada serentak 2024. Termasuk kemungkinan memasangkan dua mantan gubernur DKI Jakarta, yakni Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Daftar Calon yang Pasti Diusung PKB pada Pilkada di Jatim, untuk Pilgub?

"Nama-nama akan disaring sesuai dengan usulan dari daerah-daerah. Maaf, belum bisa kami sebut karena masih melakukan proses pencermatan," kata Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto di Posko Pemenangan, Jakarta, pada Senin, 6 Mei 2024, malam.

Namun, Hasto tak memungkiri Anies dan Ahok adalah tokoh yang diusulkan kepada PDI Perjuangan untuk diusung. Menurut dia, kedunya merupakan sosok yang mencerminkan karakter Indonesia.

PSI Lirik Bayu Menantu Pakde Karwo Jadi Penantang Eri Cahyadi di Pilwali Surabaya

Hasto menjelaskan bahwa nama bakal calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang diusung PDI Perjuangan akan disaring melalui usulan dewan pimpinan cabang (DPC) dan dewan pimpinan daerah (DPD).

"Kita (PDIP) kan partai demokrasi yang berkarakter Indonesia, sehingga nama-nama itu diusulkan dari bawah," tegasnya.

Demokrat Surabaya Hanya Usulkan Eri-Armuji di Pilwali 2024

Karena itu, saat ini proses penjaringan masih dilakukan di tingkat provinsi untuk calon gubernur dan calon wakil gubernur.

Partai berlambang banteng moncong putih itu, lanjut Hasto, saat ini masih terus menjaring nama-nama yang bakal diusung pada Pilkada serentak 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title