Intip Fasilitas Jemaah Haji Indonesia di Tanah Suci, dari Hotel hingga Bus

Menang Yaqut cek bus transportasi haji di Makah, Arab Satu di.
Sumber :
  • Dokumen Kemenag

Arab Saudi, VIVA Jatim – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengecek fasilitas untuk melayani calon jemaah haji (CJH) selama melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci, Arab Saudi, Selasa kemarin. Gus Yaqut, begitu ia biasa disapa, ingin memastikan para CJH nyaman selama berhaji.

Imigrasi Surabaya Terapkan Makkah Route bagi Jamaah Haji di Bandara Juanda

Ada tiga hotel yang ditinjau oleh Gus Yaqut, yakni Hotel Romance Elit yang berkapasitas 1.700 orang, Castle Ajyad Hotel (1.900) di Rei Bakhsy, dan Hotel Wihdah (5.000) di Jarwal. Setelah itu, Menag mengecek kesiapan bus antar kota dan bus salawat di Terminal Syib Amir, Makkah.

“Saya sudah lihat hotel serta bus jemaah, baik salawat maupun antar kota. "Saya lihat secara umum semua baik. Ada kemajuan yang lebih baik. Mudah-mudahan pada waktunya nanti benar-benar siap memberikan layanan terbaik," " terang Gus Yaqut dikutip VIVA Jatim pada Rabu, 8 Mei 2024.

3.710 Jemaah Haji Asal Jatim Sudah Mendarat Selamat di Tanah Suci

Selain hotel, Gus Yaqut juga meninjau bus yang akan melayani CJH Indonesia di Terminal Syib Amir. Di sini, ada bus ramah lansia dan disabilitas. Pihak perusahaan menyiapkan layanan khusus tersebut di Bus Salawat. 

Bus Salawat ada 20 unit yang disiapkan untuk CJH Indonesia. Untuk memudahkan jemaah naik, deck bus ini bisa diturunkan. Pintu bus juga dilengkapi deck yang bisa dilewati kursi roda. “Sehingga, ini memudahkan lansia dan disabilitas untuk mengakses masuk bus. Ini kemajuan dari pelayanan," ujar Menag.

Kisah Pasutri Pencari Rumput Naik Haji setelah Bertahun-tahun Menabung

Bus salawat produksi tertua adalah tahun 2019. Banyak juga yang diproduksi pada 2022 dan 2023. Ada dua tipe, yaitu city bus dan bus ramah disabilitas/lansia. Untuk city bus, kapasitas mencapai 70 jemaah (duduk dan berdiri).

Menag Yaqut mengecek kamar hotel jemaah haji di Arab Saudi.

Photo :
  • Dokumen Kemenag
Halaman Selanjutnya
img_title