PDIP Jatim Setia ke Megawati, Dukung Dia Pimpin Partai Banteng Lagi

Sri Untari Bisowarno, Sekretaris DPD PDIP Jatim
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

Surabaya, VIVA JatimMegawati Soekarnoputri masih diinginkan kader untuk memimpin Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) lima tahun ke depan. DPD PDIP Jawa Timur menyatakan tetap setia pada putri Bung Karno itu dan mendukung dia melanjutkan kepemimpinan Partai Banteng.

Risma Bicara soal Potensi Madura; Cukup Besar jika Dikelola dengan Baik

“Kami semua meminta dan sangat mendukung agar Ibu Mega bersedia kembali untuk menjadi ketua umum [PDIP],” kata Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno dalam keterangan tertulis, Selasa, 28 Mei 2024.

Keputusan DPD itu disampaikan sebagai sikap atas rekomendasi Rakernas PDIP di Jakarta beberapa hari lalu yang salah satu isinya tetap menginginkan Megawati menjadi Ketum DPP PDIP. “Tidak hanya Jatim semua peserta Rakernas termasuk kader PDIP bersepakat untuk itu," ucapnya.

Temui Kader PDIP di Lamongan, Risma Pamer Keberhasilan Bangun Surabaya

Rekomendasi tersebut akan dibawa pada Kongres PDIP yang rencananya akan digelar pada tahun 2025. Untari menuturkan, jadwal kongres sebetulnya mundur. Hal itu disepakati untuk mengembalikan siklus kepemimpinan lima tahunan di PDIP. 

"Nanti ada evaluasi di [bulan] Agustus, kemudian akan dibawa ke kongres supaya masa jabatan kita ini sesuai dengan mekanisme lima tahunan, terhitung dari tahun 2000. Jadi semuanya nanti akan start mulai tahun 2025," ungkap Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim itu. 

Eri Cahyadi Optimis Menang Mutlak Lawan Kotak Kosong di Pilkada Surabaya

Sebelumnya diberitakan, PDIP menghasilkan sejumlah rekomendasi sebagai hasil dari agenda Rakernas ke-V yang berlangsung di Jakarta selama tiga hari. Salah satu dari hasil rekomendasi adalah meminta agar Megawati Soekarnoputri kembali menjadi Ketua Umum PDIP pada Kongres partai 2025 mendatang. 

Pembacaan rekomendasi ini disampaikan oleh Ketua DPP PDIP Puan Maharani di sela acara penutupan rakernas. Permintaan kader kepada Megawati itu termaktub dalam poin ke-17 atau poin terakhir dalam rekomendasi Rakernas. 

Halaman Selanjutnya
img_title