Berikut Daftar Harga Beras Usai Resmi Dinaikkan oleh Pemerintah

Pedagang beras di Pasar Tanjung Anyar, Kota Mojokerto.
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

Surabaya, VIVA Jatim – Pemerintah secara resmi telah menaikan harga beras. Penetapan itu berdasarkan Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) nomor 5 Tahun 2024 tentang Perubahan atas Perbadan nomor 7 Tahun 2023 tentang Harga Eceran Tertinggi (HET) untuk beras medium dan premium diatur sesuai wilayah.

Beras SPHP Diperjualbelikan di Marketplace Diatas HET, Ini Respons Bulog Tulungagung

Dikutip dari VIVA, Sabtu, 8 Juni 2024, Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengungkapkan, penetapan regulasi ini menguatkan kebijakan relaksasi yang telah diberlakukan melalui Keputusan Kepala NFA sebelumnya.

Arief menegaskan, penyesuaian HET beras tidak terpisahkan dari upaya stabilisasi pasokan dan harga beras, di mana kebijakan di hulu juga selaras dengan di hilirnya.

Ketahuan Jual di atas HET, Satu Mitra Penjual Beras Tulungagung Diblacklist Bulog

“Jadi selaras dengan kepentingan di hulu di mana kita juga mengeluarkan Perbadan terkait Harga Pembelian Pemerintah (HPP) gabah dan beras, maka di hilir perlu juga melakukan penyesuaian. Karena harga di tingkat produsen (petani) juga akan seirama dengan harga di tingkat konsumen,” tulis Arief dalam keterangan tertulis, Sabtu, 8 Juni 2024.

“Nah ini yang kita jaga keseimbangannya sebagaimana yang sering disampaikan Bapak Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerja ke gudang Bulog dan pasar-pasar bahwa keseimbangan hulu hilir ini memang tidak mudah, tapi ini tantangan yang harus kita jawab dengan melibatkan stakeholder perberasan dari hulu hingga hilir,” ujarnya.

Sumringah, Abang Becak Terima Bantuan Saat Harga Beras di Surabaya Mencekik

Arief juga mengakui proses penetapan HET beras ini telah mengalami berbagai dinamika, diskusi, dan masukan dari berbagai stakeholder perberasan.

“HET beras ini tidak serta merta lahir, namun melalui proses panjang pembahasan yang melibatkan organisasi petani, penggilingan, kementerian dan lembaga terkait. Ini kita analisis bersama dengan mempertimbangkan berbagai aspek, termasuk bagaimana dampaknya terhadap inflasi,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title