Kapal dan Pesawat Dikerahkan Cari Korban Tertimpa Kontainer di Perairan Madura

Proses pencarian korban tertimpa kontainer di Perairan Madura
Sumber :
  • Basarnas

Surabaya, VIVA JatimTim SAR gabungan kembali melakukan upaya pencarian 7 orang korban tertimpa rumah kontainer di area PHE WMO atau Perairan Madura yang belum ditemukan. Peristiwa nahas itu terjadi pada Selasa lalu, 11 Juni 2024. 

Dibuka Menkumham, Pejabat Kemenkumham Jatim Ikuti Peringatan Hari Pengayoman ke-79

Pada hari ketiga pencarian, Sabtu kemarin, 15 Juni 2024, selain KN SAR 249 Permadi Basarnas, juga ada dua kapal lain dan 1 pesawat yang terlibat membantu proses pencarian.

Dua kapal tersebut, yaitu KN 116 Chundamani milik KPLP Tanjung Perak, serta KP Hiu 09 milik Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP). Sedangkan satu pesawat yang dimaksud, yaitu pesawat ATR 42-300 PK YRE milik KKP.

Dalih Pria Konten Kreator di Mojokerto Putuskan Pacar Usai 3 Kali Bersetubuh

SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR kali ini, Muhamad Hariyadi mengatakan, ketiga Alut laut, yaitu KN SAR 249 Permadi, KN 116 Chundamani, dan KP Hiu 09 telah melakukan upaya pencarian dengan menyisir area seluas sekitar 50 mil laut.

Hariyadi menambahkan, berdasarkan informasi dari Nahkoda KN SAR 249 Permadi, kapal BASARNAS ini telah melakukan penyisiran di area pencarian dengan total jarak tempuh sekitar 161,6 mil laut, melakukan pola pencarian Creeping line, dimana KN SAR 249 Permadi bergerak dengan pola lintasan yang sejajar dan area pengamatan yang luas.

Sekolah Dilarang Jual Seragam, Pedagang di Tulungagung Ketiban Berkah

Sekitar pukul 10.09 WIB, tim KN SAR 249 Permadi dapat berkomunikasi dengan pilot pesawat ATR 42-300 PK YRE. Pesawat yang take off pada pukul 08.32 WIB dan dengan rute HLP-SAS-LBK ini tiba di area pencarian sekitar pukul 10.36 WIB, kemudian melakukan pencarian tanda-tanda keberadaan ketujuh korban yang belum ditemukan.

Tim SAR gabungan juga berkoordinasi dengan SROP Surabaya dan VTS Surabaya guna pemapelan informasi kejadian kecelakaan ini kepada kapal-kapal yang melintas di sekitar lokasi kejadian. Hal ini dimaksudkan agar mereka memberikan bantuan jika menemukan para korban.

Halaman Selanjutnya
img_title