Terobos Razia, Truk Gandeng Bermuatan Jagung Terguling di Mojokerto

Truk gandeng terguling di Trowulan, Kabupaten Mojokerto.
Sumber :
  • Muhammad Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Jatim – Sebuah truk gandeng bermuatan jagung terguling saat melintas di Jalan Raya Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, pada Jumat, 2 Desember 2022. Truk tersebut oleng tak terkendali setelah sang pengemudi, Muhammad Yunus (29) warga Desa Karangandong, Kecamatan Driyorejo, Kabupaten Gresik, nekat menerobos razia.

Konsumsi Listrik di Jatim Naik 3,30 Persen, Begini Cara Hemat Energi

Truk nahas tersebut bernopol L L 9621. Seorang saksi mata bernama Wartik (56) mengatakan, kejadian itu bermula ketika truk tersebut melaju dari arah utara di lajur kanan. Tiba-tiba, truk oleng dan manabrak median atau pembatas jalan. Padahal, tepat di depan pintu masuk jembatan timbangan separuh jalurnya ditutup petugas menggunakan water barrier. 

Wartik (56) menduga, sopir truk tidak mau masuk ke jembatan timbangan sesuai yang diarahkan petugas. "Ada yang jaga mau diarahkan masuk, kemungkinan dia tidak mau masuk. Jalan kencang, terus nabrak median lalu terguling," katanya," katanya. 

Mencintai Diri Sendiri, Solusi Cegah Depresi hingga Upaya Bunuh Diri

Setelah terguling, kabin dan bak truk bagian depan menghadap ke timur. Posisi tepat di atas median jalan. Sedangkan bak belakang menutup jalan arah Surabaya-Jombang. Seluruh muatan jagung pun tumpah di jalan. Setelah itu, lanjut Wartik, sopir truk keluar dan menghampiri petugas UPPKB Trowulan. 

"Sopir sendirian, keluar dari kemudi, lalu mau menghajar petugas jembatan timbang. Akhirnya ada yang melerai sehingga tak sampai baku hantam," bebernya. 

Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru, 3 Orang Tewas

Yunus mengakui jika dirinya sengaja menerobos razia petugas karena melihat truk di depannya yang bisa lolos. Ia mengaku petugas sempat memukul spion truknya. “Saya mengikuti truk di depan saya yang lolos. Spion saya yang sebelah kanan dipukul oleh petugas rompi merah," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang petugas UPPKB Trowulan Anggianto Siregar menjelaskan, truk gandeng yang dikemudikan Yunus itu melaju dari arah timur. Seperti kendaraan angkutan barang lainnya, truk sarat muatan jagung ini diarahkan masuk ke UPPKB Trowulan. Menurut Anggianto, ketika itu truk melaju cukup kencang sekitar 60 km/jam.

Halaman Selanjutnya
img_title