Trenggalek Komitmen Net Zero Karbon dengan Bangun Kebun Raya Bambu

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Trenggalek, VIVA Jatim – Dalam mewujudkan 'Net Zero Karbon' Pemerintah Kabupaten Trenggalek berkomitmen salah satunya dengan membangun 'Kebun Raya Bambu' di Perkebunan Dilem Wilis Kecamatan Bendungan.

Berita Duka, Marissa Haque Meninggal Dunia

Hal tersebut sejalan dengan kelestarian ekologi digadang dapat berdampak ekonomi menjadi cita-cita besar RPJPD pemerintah.

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menerangkan bahwa kelak perkebunan Dilem Wilis Bendungan akan ada Kebun Raya Bambu. Dari lokasi tersebut akan ada banyak varietas bambu akan dikembangkan. Lalu diteliti oleh para ahli dan akhirnya dikembangkan sebagai hilirisasi.

Sri Rahayu Mundur, Karpet Merah Romy Soekarno DPR RI: Emm Gak Usah Itu!

"Kebun Raya Bambu ini nanti menjadi semacam laboratorium hidup. Titik fokus bagaimana ekonomi dan ekologi itu bisa berjalan beriringan. Ini sebenarnya merupakan cerita yang sudah sering kita ceritakan, mimpi yang sudah sering kita mimpikan bersama," terang Mochamad Nur Arifin diterima VIVA Jatim, Minggu, 7 Juni 2024. 

Mas Ipin, sapaan akrab bupati muda ini menjelaskan bahwa perlahan untuk menuju ke langkah-langkah besar telah dipersiapkan. Oleh sebab itu, pihaknya memulai dengan menanam, mungkin baru tiga setengah tahun nanti untuk bisa merasakan hasil secara nyata.

Trenggalek Uji Coba Program Makan Siang Bergizi

Politisi PDI Perjuangan ini mengaku dalam merawat dan memetik hasil membutuhkan perjalanan panjang. Banyak yang terkuras mulai stamina, tenaga dan keistiqamahan. Termasuk semua stakeholder harus terlibat, tidak hanya tokoh-tokoh yang memiliki peran strategis, melainkan semua lapisan masyarakat.

"Kami menginginkan seluruh aktor-aktor ini bisa terlibat sampai cita-citanya nanti tercapai," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
img_title