Khofifah Kenalkan Karakter IKI saat Silatnas Pamong Praja STPDN 01

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

JatimGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengenalkan tiga karakter IKI yang diusung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur kepada para Pamong Praja STPDN Angkatan 01. Ia juga mengajak untuk bergandengan tangan menjawab dinamika global lewat Inisiatif, Kolaborasi, Inovasi (IKI).

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

"Menghadapi tantangan masa depan termasuk ancaman krisis pangan, ekonomi dan energi maka IKI adalah jawabannya. Seluruh tim di Pemprov Jatim telah kami satukan langkahnya untuk berani berinisiatif dan seluruh kepala OPD harus open mind," ujarnya saat membuka Silatnas Dan Seminar Nasional (Semnas) Pamong Praja STPDN 01 di BPSDM Prov. Jatim, Jl. Kawi Malang, Sabtu malam 3 Desember 2022.

Gubernur Khofifah mengatakan, kunci menghadapi dinamika dunia baik era 4.0 maupun era 5.0 bahkan nanti 6.0 salah satu kuncinya adalah kolaborasi. Sedangkan, inovasi adalah sebuah keniscayaan yang harus dilakukan saat ini. 

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Karakter IKI dikatakan Khofifah telah ada pada para tokoh pencetak perubahan atau game changer baik kelas dunia maupun skala nasional. Salah satu sosok Game Changer di Indonesia diantaranya Ir. Soekarno, dr. Soetomo, KH Abdul Wahab Hasbullah dan KH Hasyim Asy’ari. Sementara sosok Game Changer Dunia yakni Steve Job, Mark Zugerberg hingga Elon Musk. 

“Ketiga karakter IKI adalah karakter utama dari figur penggerak perubahan zaman yang tak ubahnya seorang game changer. Para game changer ini menggunakan segenap kekuatan, daya upaya untuk menciptakan gagasan yang dapat memberi makna baru dan mengubah kehidupanya, lingkungannya maupun mengubah dunia,” imbuhnya.

Khofifah Puji Rektor Unair Susun Konsep Pendidikan Indonesia Maju

Menurutnya, silatnas ini menjadi ajang untuk bisa saling bertukar pikiran karena para alumni ini adalah mereka yang memiliki karir dan jabatan di berbagai jenjang baik pusat hingga daerah. 

"Diantara pengalaman dan karir dari masing masing alumni ini diharapkan tercipta ide-ide positif demi membangun Indonesia," ungkapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title