Geliat Usaha Percetakan di Surabaya Banjir Orderan APK Jelang Pilkada 2024

Ketua DPD PPG Jatim, Iwan Dhamar.
Sumber :
  • Viva Jatim/M Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Setiap datangnya pesta demokrasi di tanah air, para pelaku usaha percetakan menjadi sangat sibuk. Karena mereka selalu kebanjiran order pembuatan alat peraga kampanye alias APK.

Gerindra dan PPP Bantah Dukung Ning Ita Maju Pilwakot Mojokerto

Di momen jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024 ini. Para pengusaha percetakan mengaku mulai menerima pesanan sejumlah APK. Mulai dari jenis baliho, pamflet hingga banner.

Padahal menurut jadwal Komisi Pemilihan Umum (KPU), masa kampanye yang identik dengan keberadaan APK ini, baru dilaksanakan pada 25 September hingga 23 November 2024, mendatang.

PSI Tunjuk Abdul Ghofur untuk Maju di Pilkada Lamongan 2024

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Perusahaan Grafika Indonesia (PPG) Jawa Timur, Iwan Dhamar, menyampaikan, geliat pesanan APK mulai dirasakan dalam kurun sebulan terakhir ini.

Ia menyebut, ada beberapa daerah di Jawa Timur yang mulai memesan APK untuk mempromosikan calon-calon kepala daerah yang diusung dalam Pilkada 2024 mendatang, satu diantaranya adalah Sidoarjo. Tim sukses salah satu calon yang digadang-gadang akan bertanding memperebutkan kursi Bupati di kabupaten itu dikatakan Iwan, mulai memesan sejumlah APK.

Gus Muhibbin-Aushaf Fajr Dapat Rekom PKB untuk Maju Pilkada Nganjuk

Namun untuk sementara ini, pesanan masih didominasi dari luar Pulau Jawa.

"Jadi yang sudah masuk [pesan] itu dari calon kepala daerah di Kalimantan, Sulawesi. Jadi mungkin di mereka kalau cetak di daerahnya lebih mahal daripada di Surabaya. Jadi pesanan mulai banyak, di percetakan saya sendiri juga sudah mulai," ujar Iwan, Selasa, 9 Juli 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title