Swadaya Dirikan Rumah Singgah: Ringankan Beban Pasien di Tulungagung

Suasana Rumah Singgah Sahabat Sehat di Tulungagung.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA Jatim – Bersih dan rapi tampak dari pertama masuk ke Rumah Singgah 'Sahabat Sehat'. Sebuah rumah yang diperuntukkan bagi pasien menetap sementara selama pengobatan tindakan medis berbulan-bulan di rumah sakit Tulungagung.

Khofifah Tanggapi Soal Potensi Suara di Mataraman: Semua Berjalan Baik

Siapa sangka rumah singgah yang berada di Jalan Bung Tomo Gang 2 RT 5 RW 1 Desa/Kecamatan Kedungwaru Tulungagung ini berasal dari sukarela. 

Sekretaris Rumah Singgah Sahabat Sehat, Armituti mengungkapkan awal mendirikan rumah singgah ini berkaca dari pengalaman sendiri. Ketika berobat ke RSUD dr Saidul Anwar (RSSA) Malang selalu mencari rumah singgah.

Mensos Risma Sambangi Gadis Pengidap Kanker dan Tumor di Mojokerto

Armituti mengaku pasien pasti dalam berobat tidak cukup dalam waktu sehari bagi yang mengidap penyakit kronis.

Kadang menginap berbayar dengan bermalam mengeluarkan Rp 100 sampai Rp 150 ribu. Padahal jika tindakan medis seperti 'sinar' terjadwal setiap hari.

Paslon Keempat, Budi-Susi Akhiri Pendaftaran Pilkada Tulungagung

"Bisa selama 1 sampai 1,5 bulan, banyak tidur di teras-teras. Dari situ akhirnya kami dengan 9 teman berniat untuk mendirikan rumah singgah. Untuk meringankan beban dari teman-teman seperjuangan," ujar Armituti di ruang tamu, Kamis, 11 Juli 2024.

Armituti mengaku bersyukur meski baru satu tahu berjalan, ada donatur yang meminjam lokasi rumah yang seperti sekarang ini ditempati. Karena dahulu masih mengontrak selama satu tahun dan harus mengeluarkan dana pribadi.

Halaman Selanjutnya
img_title