Kerugian Kebakaran Kandang Ayam Tulungagung Senilai Rp 8 Miliar

Suasana kandang ayam broiler hangus di Tulungagung.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA JatimKebakaran skala besar terjadi di kandang ayam broiler milik Saiful Maskur (kemitraan Phokpand), tepatnya di RT 03 RW 18 Dusun Salamrejo Desa Pulosari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Kerugian ditaksir senilai Rp 8 miliar.

Kakek di Lamongan Tewas Terjebak Saat Berusaha Padamkan Bambu yang Terbakar

Kabid Pemadaman dan Penyelamatan Dinas Damkar dan Penyelamatan, Artista Nindya Putra mengatakan taksiran kerugian berdasarkan kondisi api melahap 63 ribu ayam dan kandang yang terbuat dari galvalum dan konstruktif baja ringan.

"Kerugian material kurang lebih Rp 8 miliar kandang full otomatis. Ada tiga lantai setiap lantai ada setidaknya 20 ribu ekor ayam," ujar Artista Nindya Putra di lokasi kejadian, Senin, 22 Juli 2024.

Truk Muat Styrofoam di Krembangan Surabaya Terbakar, Api Sambar Kontainer

Ia mengaku mendapatkan laporan aduan pada 11.40 WIB dan selang 5 menit berangkat ke lokasi. Dan berhasil memadamkan kobaran api hingga 2 jam lebih termasuk proses pembasahan akhir.

"Kalau penyebab kejadian sementara korsleting dari mesin pemanas," paparnya.

Diduga Akibat Hubungan Arus Pendek Listrik, 2 Rumah di Bojonegoro Ludes Terbakar

Sedangkan untuk kendala yang dihadapi oleh petugas adalah faktor angin. Pasalnya kejadian pada siang hari angin berhembus kencang. Meski jauh dari pemukiman penduduk, namun kobaran api dan asap membumbung tinggi.

"Kalau kesulitan karena di tengah persawahan sehingga membuat kondisi anginnya kencang jadi itu kesulitannya," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title