Aksi Spontan Tim BPBD Jatim Padamkan Api di Penanjakan Gunung Bromo

Tim gabungan padamkan api di kawasan Gunung Bromo.
Sumber :
  • Dokumen BPBD Jatim

Pasuruan, VIVA Jatim – Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah Jawa Timur (BPBD Jatim) berjibaku memadamkan api yang membakar beberapa titik di kawasan penanjakan Gunung Bromo, tepatnya di Desa Wonokitri, Kecamatan Tosari, Kabupaten Pasuruan, pada Rabu, 7 Agustus 2024.

Saat Karyawan SIER Merasakan Sensasi Touring dan Berkemah di Kawasan Gunung Bromo

Api berhasil dipadamkan pada malam harinya. Kebakaran di penanjakan Gunung Bromo dilaporkan terjadi pada Rabu sore. Begitu menerima informasi itu, tim BPBD Jatim bersama petugas dari elemen lain bergerak cepat untuk mencegah api kian membesar.

Sesampai di lokasi, api sudah menyebar dan kepulan asap menghalangi pandangan. Melihat adanya kepulan asap dan kobaran api yang semakin membesar, Tim BPBD Jatim pun menghentikan laju kendaraan.

DPRD Jatim Waspadai Kejadian Karhutla di Musim Kemarau

Lalu menghubungi Tim Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), aparat desa setempat, dan TRC BPBD Kabupaten Pasuruan. Sembari menunggu tim lain datang, dengan alat seadanya Tim BPBD Jatim langsung berjibaku berusaha memadamkan api yang mulai melahap ilalang, pohon edelweis dan pohon pinus.

Akhirnya, berkat respons cepat tim gabungan BPBD Jatim, TNBTS, TRC BPBD Kabupaten Pasuruan, TNI Polri dan warga setempat, kebakaran hutan yang belum diketahui penyebabnya ini bisa dipadamkan.

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono Minta Kebakaran Hutan dan Lahan Dicegah Lebih Dini

"Habis kegiatan, sebetulnya kita mau jalan-jalan. Tapi, kita lihat ada kebakaran di arah penanjakan dan belum ada tindakan. Akhirnya, kontak sana-sini, termasuk ke TNBTS, pihak desa dan BPBD Pasuruan, " kata Analis Kebencanaan Bidang Pencegahan BPBD Jatim, Dadang Iqwandy, Kamis, 8 Agustus 2024.

Ia bersyukur, sekitar pukul 19.00 Wib malam, kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di kawasan penanjakan itu bisa dipadamkan, dan dilanjut dengan pembasahan hingga sekitar pukul 20.30 WIB.