Pemanfaatan Teknologi Digital oleh AQUA Diapresiasi Kemenperin RI

AQUA Banyuwangi memantau tanaman dengan aplikasi Jejak.in
Sumber :
  • Nur Faisal/Viva Jatim

Jatim – Pemanfaatan teknologi digital oleh PT Tirta Investama dalam mendorong transformasi teknologi industri 4.0 di pabrik AQUA Pandaan dan Banyuwangi diapresiasi Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Pihaknya menerima Penganugerahan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0) sebagai bentuk apresiasi pemerintah atas terobosan tersebut. 

Sehat Bersama Isi Piringku, Cara Danone Indonesia Wujudkan Kesehatan Anak dan Keluarga

Menteri Perindustrian memberikan apresiasi guna memacu akselerasi transformasi industri, sehingga dapat memberikan dampak signifikan bagi kemajuan perusahaan. Mengingat Kemenperin menarget Indonesia menjadi Top 10 Ekonomi Gobal di tahun 2030 mendatang.

Sekjen Kemenperin Dody Widodo berharap bahwa Making Indonesia 4.0 akan mempercepat Indonesia menjadi Top 10 Ekonomi Global pada tahun 2030.

Optimalisasi Hasil Perikanan dan Kelautan melalui Teknologi Digital

“Hal tersebut bisa dicapai dengan mendorong efisiensi pada Energy Consumption, Productivity dan Cost Production, Kita optimis bisa mencapai hal tersebut”, kata Sekjend Kemenperin, Dody Widodo, dalam keterangan yang diterima Viva Jatim, Sabtu, 10 Desember 2022.

Sementara itu, di kesempatan terpisah, Regional Director Danone AQUA untuk Regional 4, Joshua Prajoga  menyebut bahwa migrasi digital di Danone-AQUA telah diawali pada 2013 dengan AQUA Integrated Reporting System, yaitu memulai peralihan dari pelaporan kertas dengan digital report. Kemudian pada 2018 mulai dikembangkan AQUA Digital Operation Platform (ADOP) yang merubah data menjadi nilai tambah untuk mendukung Smart Factory.

12 Ribu Petani Milenial Tulungagung belum Gunakan Teknologi Digital

“Semua proses tersebut menjadi dasar pengambilan keputusan yang cepat dan akurat bagi operasional perusahaan, khususnya pabrik dan depo”, kata Joshua.

Diketahui, AQUA Pandaan mendapatkan INDI Award untuk kategori Sustainable Technology, sedangkan AQUA Banyuwangi mendapatkan penghargaan pada kategori Aggressive Digitalization. 

Halaman Selanjutnya
img_title