Pemprov Jatim Berkomitmen Dukung Penuh Kemajuan Pendidikan

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono
Sumber :
  • Rahmat Fajar

Surabaya, Viva Jatim-Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono mengatakan Pemprov Jatim mempunyai komitmen tinggi dalam mendukung dunia pendidikan. Ia menilai hanya dengan pendidikan kualitas sumber daya manusia akan maju.

iConASET 2024, Pj Gubernur Adhy : Pendidikan Tinggi Pencetak SDM Unggul dan Berdaya Saing Global

Keseriusan tersebut, Ia mengungkapkan diwujudkan dalam mandatory spending dari APBD Jatim di atas 25 persen atau melebihi ketetapan 20 persen untuk alokasi pendidikan. Sebab, Pemprov menilai meningkatkan kualitas pendidikan sangat penting.

"Tapi gak apa-apa, itu berbanding lurus dengan peningkatan Sumber Daya Manusia," ujar Adhy saat memberikan sambutan dalam Studium Generale Mahasiswa Baru Program S1, S2, S3 PTKI, M2 Ma'had Aly dan S1 Universitas Al-Azhar Kairo Mesir Penerima Beasiswa Pemprov Jatim 2024, di Islamic Center, Surabaya, Rabu, 4 Agustus 2024.

Pj Gubernur Adhy Sebut Flyover Juanda dan 20 Proyek Infrastruktur Memperlancar Konektivitas

Adhy mengatakan alokasi anggaran untuk pendidikan melebihi rata-rata daerah lain secara nasional. Hal tersebut telah dilakukan sejak masa pemerintahan Gubernur Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak. Khofifah, katanya, telah meletakkan dasar tersebut dalam memperkuat dunia pendidikan.

Lebih lanjut, Adhy mengatakan, baru-baru ini Jatim meraih beberapa prestasi bergengsing di dunia pendidikan seperti Juara Umum Olimpiade Sains Nasional 2025 dan juara umum LKSN PDBK 2024.

Pj Gubernur Adhy Berharap MABI dan SAKA Jadi Satuan Strategis Sigap Tanggulangi Bencana

"Ini pertanda pembangunan pendidikan di Jatim berhasil," katanya.

Adhy menambahkan sokongan beasiswa pendidikan sangat penting dilakukan. Menurut Adhy, semakin banyak beasiawa, maka akan semakin meningkat pendidikan di Jatim. Adhy yakin keseriusan Pemprov Jatim memberikan anggaran besar untuk pendidikan akan memberikan dampak besar terhadap provinsi lain di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
img_title