Diduga Akibat Bakar Sampah, Pabrik Plastik di Gresik Terbakar

Petugas Polsek Kedamean saat mengamankan lokasi Pabrik terbakar
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim – Sebuah pabrik plastik di Kecamatan Kedamean Kabupaten Gresik terbakar. Pabrik untuk mengumpulkan bahan baku dari sampah plastik atau plastik bekas itu terbakar sekitar pukul 12.30 Wib, Kamis, 12 September 2024.

Ruko Laundry di Mojokerto Hangus Terbakar, Diduga Gegara Pemilik Lupa Matikan Kompor

Kebakaran di duga dari adanya seseorang yang membakar sampah di sekitar lokasi atau pinggir pabrik yang dibakar, api cepat merembet ke gedung perusahaan (pabrik) akibat hembusan angin yang kencang.

Untuk menjinakkan api, lima unit kendaraan pemadam kebakaran di kerahkan, empat mobil pemadam dari Gresik (Unit Menganti dan Driyorejo) dikerahkan dan satu dari mobil pemadam dari sebuah perusaan di sekitar Kedamean.

Genjot Pertanian Jatim, Pasangan Luman Jamin Petani Sejahtera Merata

Kepala Dinas PMK Gresik, Suyono mengatakan saat ini petugas PMK dari Driyorejo dan Menganti sudah di lokasi dan melakukan pemadaman.

"Penyebab kebakaran pabrik plastik ini diduga dari seseorang yang bakar-bakar sampah, lalu terkena angin. Api merembet ke pabrik. Padahal kami sudah sosialisasi ke kepala desa soal rawan kebakaran,” terangnya.

Residivis Curanmor Ditangkap Polsek Menganti Gresik, Modus Lama Pakai Kunci T

Sementara itu, Kapolsek Kedamean Gresik Iptu Suhari mengatakan sampai saat ini pukul 15.30 WIB sore ini, api masih belum padam. Penyebab kebakaran dari rumput alang - alang di samping pabrik yang terbakar kemudian percikan api merembet ke pabrik.

"Saat ini masih dilakukan pemadaman, api masih belum padam. Musim kemarau harus berhati-hati membakar sesuatu," ujarnya.