Tantangan Pertamina dalam Kegiatan Eksplorasi

Sosialisasi & Media Briefing Anugerah Jurnalistik Pertamina
Sumber :
  • Rahmat Fajar

Surabaya, Viva Jatim-Pertamina menyadari bahwa ada sebagian masyarakat yang menentang di setiap kegiatan eksplorasinya. Bagi mereka eksplorasi yang dilakukan hanya akan merusak alam dan lingkungan.

Jalan Panjang Doudo dari Tertinggal Menjadi Desa Mandiri

Sr Manager Exsternal Communications & Stakeholder Relationa PT Pertamina Hulu Energi, Eviyanti Rofraida tak menampik bahwa setiap kegiatan eksplorasi pasti memiliki dampak negatif. Namun ia mengeklaim bahwa ada juga dampak positif yang dihasilkan dari kegiatan tersebut.

"Dampak positif eksplorasi ketahanan energi," ujar Eviyanti dalam Sosialisasi & Media Briefing Anugerah Jurnalistik Pertamina, di Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya, Kamis, 12 September 2024.

Pertamina Ingin Jaga Hubungan Baik dengan Media Lewat AJP 2024

Menurutnya jika tidak melakukan eksplorasi maka angka impor untuk kebutuhan energi nasional akan semakin besar. Selain itu, lanjut Eviyanti, eksplorasi juga baik untuk menghemat devisa. Di samping itu juga kegiatan tersebut akan menambah tenaga kerja.

Dan Eviyanti mengungkapkan bahwa terdapat sekitar 44 ribu tenaga kerja yang bekerja di Pertamina Grup. Angka tersebut jauh lebih besar jika dihitung dengan berbagai penunjangnya.

Pertamina Cek Ketersediaan BBM di Jalur Krusial saat Arus Balik Lebaran

"Ada pertumbuhan ekonomi di sana," katanya.

Lebih lanjut, Eviyanti menjelaskan bahwa yang paling penting dari industri ini adalah usianya yang panjang. Sebab, katanya, minyak dan gas bisa bertahan hingga 50 tahun lebih.

Halaman Selanjutnya
img_title