Pj Gubernur Adhy Buka Fesyar Regional Jawa 2024

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono
Sumber :
  • Pemprov Jatim

Surabaya, Viva Jatim-Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono membuka Festival Ekonomi Syariah (FESYAR) Regional Jawa 2024 dan kick off Program Unggulan Festival Syariah Jawa 2024 di halaman Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Jumat, 13 September 2024.

Pj Gubernur Adhy Ajak Stakeholder Tingkatkan Kualitas Transportasi Jatim

Pembukaan ditandai dengan penekanan Holo Fan. Turut membuka acara yaitu Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurniawati, Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti dan Kepala Perwakilan BI Jatim Erwin Gunawan.

Mengangkat tema “Sinergi untuk Memperkuat Ketahanan dan Kebangkitan Ekonomi Syariah Jawa”, kegiatan yang diinisasi oleh Bank Indonesia ini diramaikan beragam booth unggulan dari berbagai wilayah. Selain Jawa Timur, ada juga dari Jawa Barat, Jawa Tengah, DKI Jakarta, Banten dan DI Yogyakarta.

Pj Gubernur Adhy Sebut Hasil Cabor Renang di PON XXI Sesuai Target

Dalam sambutannya, Pj Gubernur Adhy optimistis Fesyar Jawa 2024 ini akan meningkatkan inklusi dan literasi keuangan syariah secara nasional khususnya di pulau Jawa.

“Ini tentunya tidak lepas dari solidnya kinerja ekonomi Jawa Timur yang ditopang perkembangan tren positif ekonomi syariah,” kata Adhy.

Pj Gubernur Adhy Apresiasi Peran Pilar Sosial Dalam Pengentasan Kemiskinan di Jatim

Pj Gubernur Adhy menambahkan bahwa perlu juga melihat peningkatan pangsa penyaluran pembiayaan perbankan syariah terhadap total kredit perbankan Jawa Timur yakni 6 persen pada tahun 2019 menjadi 7,7 persen pada triwulan II 2024.

Tidak hanya itu, ini juga didorong penyaluran pembiayaan perbankan syariah di Jawa Timur yang tercatat tinggi yakni tumbuh sebesar 12,4 persen (YOY) pada Juli 2024, di mana lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan kredit umum di Jawa Timur yakni sebesar 4,7 persen (YOY).

Halaman Selanjutnya
img_title