Young Buddhist Assocation Indonesia Gelar Moderasi Beragama Lintas Agama

Dewan Pembina Sagha Agung, Bhante Nyanasuryanadi
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Young Buddhist Assocation Indonesia (YBAI) bersama Studiagama.id gelar moderasi beragama lintas umat agama. Kegiatan Moderasi Beragama yang di inisiasi oleh para pemuda lintas agama ini di gelar secara live IG di @studiagama.id dan @youngbuddhistassocation, Senin 26 Desember 2022, malam.

Kenali Perbedaan Istilah Quick Count, Real Count dan Exit Poll dalam Pemilu

Diskusi Moderasi Beragama yang dipandu langsung oleh Lam Syahrizal dari Founder rumah diskusi ilmiah dan Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung, menghadirkan pembicara utama Y.M. Nyanasuryanadi Mahathera selaku Dewan Pembina Sangha Agung, dosen STIAB Smaratungga Boyolali, serta tim penyusun dan Instruktur Nasional Kurikulum 2013 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta penyusun kurikulum sekolah minggu dan Dhammasekha Kementrian Agama.

Moderasi Beragama ini berupaya mewujudkan hidup untuk rukun, saling menghormati, menjaga dan bertoleransi tanpa harus menimbulkan konflik karena perbedaan yang ada. 

Ajak Warga tidak Golput, YBAI bakal Bagikan Gelang Biksu Bagi Pencoblos

"Yang ditekankan agama Budha ialah bagaimana menempuh jalan tengah. Jalan tengah yang dikembangkan Kementerian Agama saat ini ya seperti Moderasi. Sedangkan Moderasi yang di lakukan Budha pada awalnya saat itu dulu ialah moderasi menekankan penguasaan diri dan penguasaan keinginan", tegas Y.M. Nyanasuryanadi Mahathera.

Limanyono Tanto, Wakil Ketua Young Buddhist Association Indonesia (YBAI), mengatakan bahwa dalam moderasi beragama ini perlu adanya langkah-langkah moderasi, perjumpaan dan dialog dengan komunitas agama lain, supaya kita saling mengenal dan tidak menerka-nerka sehingga tidak menjadi prasangka negatif.

Girangnya Ribuan Ikan saat Dilepas Pemuda Buddha di Kebun Raya Mangrove Surabaya

"Kami umat Buddha harus bisa inklusif dan hak kita sebagai umat manusia adalah perbedaan privillege kita menjadi bangsa yang kaya," tegas Liman.

Sementara itu Tri Indah Annisa, Founder Studiagama.id mengatakan kegiatan "Special Talk Religion" ini merupakan program kolaborasi dengan mengundang tokoh narasumber yang sesuai dengan kajian keilmuan studi agama, karena Studiagama.id adalah platfom anak muda khususnya para mahasiswa studi agama berbagai daerah di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
img_title