Khofifah Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem Jelang Tahun Baru 2023

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Cuaca ekstrem belakangan ini melanda sejumlah daerah. Kondisi yang tak bersahabat ini telah menyebabkan banjir dan gelombang laut tinggi di sejumlah daerah di Jawa Timur. 

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Sebab itu Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengimbau kepada masyarakat untuk memantau update informasi cuaca. Yaitu melalui website Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) ataupun melalui media resminya.

"Saya minta kita semua saling proaktif update. Bagaimana informasi dari BMKG ke mana informasi juga dari PVMBG. Semua sama-sama proaktif update tentang cuaca yang cenderung ekstrem dari mulai bulan Oktober yang lalu," ungkap Khofifah Indar Parawansa dalam lawatannya ke Tulungagung, Kamis 29 Desember 2022.

Banjir Bandang Selutut Orang Dewasa Landa Munjungan Trenggalek

Selain itu, Khofifah mengaku dari sisi transportasi laut, petugas pelabuhan telah menginformasikan kepada penumpang kapal laut. Pemberangkatan kapal di Tanjung Perak beberapa waktu yang lalu sempat ditunda karena cuaca ekstrem. 

"Karena ada prediksi gelombang sampai 4 jadi hal-hal yang teknis emang harus saling proaktif detail. Termasuk tempat-tempat wisata, sudah harus koordinasi antara pengelola wisata dan seluruh forkopimda," paparnya.

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

Ketua PP Muslimat NU ini juga mengingatkan kepada seluruh pengguna jalan untuk tetap waspada hujan deras disertai angin kencang saat berkendara. Sebab rawan terjadi pohon tumbang di sepanjang jalan. Khofifah pun juga memerintahkan PT PLN untuk menyiagakan gardu bergerak.

"Kalau nanti ada pohon tumbang ada aliran listrik yang terputus, itu tugas PLN," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title