Belasan Pulau di Jawa Timur Belum Teraliri Listrik, PLN: Tahun Depan

General Manager PT PLN (Persero) UID Jawa Timur
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Lasiran menyebutkan masih ada belasan pulau yang belum teraliri listrik PLN. Tahun depan, PLN mentargetkan semua pulau-pulau bisa terang benderang.

Nelayan Enggan Gunakan Jaket Keselamatan saat Melaut karena Ribet

"Itu sudah kami rencanakan anggarannya tahun depan. Yang kemarin saya sampaikan ada 6 tahun ini ada 16 dan ada 2 lagi yang kami masukkan pada tahun 2023 nanti. Mudah-mudahan kita sudah mulai sehingga InsyAllah seluruh pulau sudah menikmati listrik," ungkap Lasiran dalam kunjungannya di Tulungagung, Kamis 29 Desember 2022.

PLN Jawa Timur juga meminta dukungan dari semua stakeholder. Bersama-sama mendukung dan menginformasikan daerah mana saja yang membutuhkan aliran listrik karena belum teraliri.

2 Agen BRI Link di Lamongan Dirampok Pria Bersenpi, Pelaku Pura-pura Jadi Nasabah

Pihaknya telah melihat di daerah Probolinggo dan Pasuruan, beberapa Kepala Dusun menginformasikan masih ada wilayah yang belum tersambung aliran listrik. Sehingga rasio elektrifikasi, menurut Lamiran masih dibawah 99 persen yang sudah menikmati listrik.

"Mudah-mudahan pada tahun 2023 ini mencoba mapping dan bisa kita eksekusi. Mungkin belum bisa 100 persen, tapi bisa menjadi besar kita naikkan hasilnya elektrifikasi terkait rasio," paparnya.

Dishub Jatim Pastikan Angkutan Umum Siap Layani Masa Mudik Lebaran 2024

Lasiran menambahkan, rasio elektrifikasi yang paling rendah selama ini di daerah Pamekasan. Sementara untuk wilayah Bondowoso, Probolinggo, Pasuruan, dan Jember sudah memenuhi rasio elektrifikasi.

Menanggapi hal tersebut, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyebutkan target Pemprov Jatim yaitu 100 persen semua daerah terpencil teraliri listrik tanpa terkecuali. Dengan adanya listrik, akan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title