Cak Nun Ulas Makna Kenduri Cinta di Momen Pergantian Tahun

Kenduri Cinta bersama Cak Nun
Sumber :
  • Prokopim Trenggalek

Jatim – Pemerintah Kabupaten Trenggalek menyambut pergantian tahun dengan Kenduri Cinta bersama Emha Ainun Nadjib atau yang kerap disapa Cak Nun dan Kiai Kanjeng di Alun-alun Kabupaten Trenggalek, Sabtu 31 Desember 2022.

3 Tahanan Sakit Usai Jalani Cek Kesehatan oleh Polres Trenggalek

Cak Nun mengajak ribuan maiyah (jamaah majelis Cak Nun) yang hadir memahami makna kenduri cinta. Kenduri digambarkan berbentuk melingkar, dimana menurut Cak Nun semua cara berpikir manusia hingga cara mengatur apapun dari lokal sampai global sebagaimana seperti bentuk lingkaran.

"Kenduri cinta ialah saling mencintai satu sama lain antar banyak pihak. Salah satunya adalah bagaimana mencintai alam," ungkap Cak Nun.

Bupati Trenggalek Berangkatkan 7 Bus Balik Gratis ke Surabaya

Ayah dari Sabrang Mowo Damar Panuluh atau vokalis Letto ini menjelaskan di Maiyah tidak hanya teori ekologi. Namun juga ekosofi, menemukan, memahami dan melaksanakan kebijaksanaan alam.

"Misalnya Merapi mau meletus itu memberikan tanda-tanda, jadi kalau terjadi apa-apa di Trenggalek jangan hanya mengeluh ke Allah tetapi yakin setelah itu pasti ada rezekinya, ada hikmahnya," jelasnya menambahkan.

Arus Balik di Simpang 4 Durenan Trenggalek Terpantau Padat Merayap

Kiai kelahiran Kabupaten Jombang pada Mei 1953 silam mengungkapkan, Allah memiliki pertimbangan yang lebih bulat, yang lebih tahu secara ruang maupun waktu. Secara akal fikiran terkadang manusia tidak sampai disitu untuk mempertimbangkan sisi lain dibalik sebuah peristiwa.

"Oleh sebab itu, apa yang terjadi hari ini mungkin terlihat mencelakakan, namun sebenarnya merupakan rezeki yang masih tersimpan rahasiaNya," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title