Kiai Said Dukung Eri Cahyadi Maju Pilgub Jatim: Itu Kader NU!

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Kontestasi politik kian mendekat. Sejumlah tokoh mulai menyoroti dan bahkan memberikan dukungannya kepada kader-kader potensial, baik yang merupakan kader partai maupun non-partai.

Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

Salah satunya dukungan KH Said Aqil Siradj kepada Eri Cahyadi yang kini menjabat sebagai Wali Kota Surabaya. Pasalnya, usai menghadiri acara Istigasah DPD PDIP Jatim, Kamis 26 Januari 2023, Kiai Said ditanya apakah doa bersama yang digelar itu juga dalam rangka mendoakan Eri maju di Pilgub Jatim 2024 mendatang. 

Dengan tegas, Mantan Ketua Umum PBNU itu menyatakan dukungannya kepada Eri. Bukan tanpa alasan, Ia mendukung lantaran Eri merupakan kader Nahdlatul Ulama. Peranannya di NU, menurut Kiai Said, tidak abal-abal. Secara legal-formal, Eri tercatat sebagai kader NU yang telah mengikut pendidikan kader. 

Minta Nasihat, Ketua TKD KIM Gresik Silaturahmi ke Ketua PCNU

“Support saja [Eri Cahyadi maju Pilgub Jatim]. Itu [Eri Cahyadi] kader NU. Di NU itu juga kader. Dia punya sertifikat Madrasah Kader NU. Bukan hanya NU abal-abal,” kata Kiai Said menjawab pertanyaan awak media, Kamis, 26 Januari 2023.

Bahkan, Kiai Said tak segan menyebut bahwa dirinya sudah sejak lama dekat dengan partai berlambang banteng moncong putih itu. Sehingga di momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PDIP ke-50 itu dirinya hadir memenuhi undangan untuk doa bersama. 

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Hari ini saya bisa memenuhi undangan dari PDIP Jatim Pak Kusnadi dan Sri Untari dalam rangka peringati HUT PDIP 50 dan ultah Mega. Hubungan saya dengan PDIP  sejak zaman Gus Dur dekat sekali.

Tak hanya dengan PDIP, Kiai Said juga menuturkan bahwa dirinya dekat dengan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri. Sampai-sampai Kiai Said yang membimbing Mega dalam menunaikan ibadah haji dan umrah. 

Halaman Selanjutnya
img_title