Tak Biasa, Malam Ini akan Terjadi Gerhana Bulan Mars

Ilustrasi gerhana Bulan Mars
Sumber :
  • viva.co.id

Jatim – Mars sebagai planet yang berdekatan dengan bumi, malam ini akan mengalami gerhana. Pada saat itu nantinya Mars akan menghalangi dari pandangan di balik bulan selama peristiwa yang dikenal dengan okultasi bulan. Hal itu akan terjadi pada malam Senin malam, 30 Januari 2023 pukul 20.30PST atau Selasa, 31 Januari 2023. 

Tewas! Bule Amerika Terseret Arus Pantai Double Six Seminyak Bali

Dilansir dari laman Viva Tekno, pemandangan bulan gibbous yang membesar ada di bawah planet merah akan terlihat dari Amerika Serikat bagian tengah dan utara serta Kanada Selatan. Sebanyak 78 persen bagian bulan akan menutupi Mars. Tapi beberapa jam kemudian planet akan muncul kembali di sisi lain bulan. 

Di bagian California, Pegunungan Rocky Selatan dan Gurun Barat sertasebagian besar Texas dan Oklahoma, Deep South termasuk Georgia Selatan dan Florida akan kebagian saat bulan melintas didepan Mars, menyebabkan okultasi. 

Bahaya! Presiden Rusia Vladimir Putin Ancam Seret Negara Barat Perang Dunia III

Peristiwa ini terjadi hampir delapan minggu setelah bulan menutupi Mars di sebagian besar Amerika Utara (kecuali bagian tenggara AS dan Pesisir Atlantik). Pada kesempatan itu satelit alami bumi itu akan sepenuhnya diterangi. Sementara Mars berlawanan dengan matahari dan bersinar dengan magnitude hampir-2 yang menyilaukan. 

Namun gerhana yang akan segera datang ini, bulan tidak akan terlalu terang (74 persen menyala), pun dengan Mars. Setelah mundur 29,63 juta mil (47,68 km) lebih jauh dari bumi sejak pertemuan bulan Desember, mars tampak kurang dari seperempat terangnya. 

Pihak Amerika Serikat Menunggu Hasil Pilpres Indonesia, Siap Ucapkan Selamat pada Prabowo

Meski demikian, bulan akan bersinar pada magnitudo -0,3 dimana itu masih termasuk objek yang cemerlang. Di antara bintang-bintang, hanya Sirius dan Canopus yang bersinar lebih terang, bahkan bagi pengamat biasa, Mars kuning-oranye kemungkinan besar akan menarik perhatian. 

Apa yang akan membuat okultasi ini jauh lebih mencolok dan menarik dibandingkan dengan yang terjadi pada awal Desember adalah fakta bahwa Mars akan tampak menghilang di balik sisi gelap bulan. Kemunculan kembali akan terjadi dari balik anggota tubuh yang terang. 

Halaman Selanjutnya
img_title