Alasan 12 Lansia Terlantar di Tulungagung Ini karena Bosan Sendirian

Foto Ilustrasi Lansia
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Jatim Viva

JatimBelasan lanjut usia (lansia) yang terlantar di Kabupaten Tulungagung  menjadi perhatian masyarakat. Pasalnya, mereka berasal dari luar daerah

Kasus Kriminal di Tulungagung Tahun 2023 Menurun, Laka Lantas Meningkat

Menurut keterangan Dinas Sosial Tulungagung kasus warga lanjut usia (Lansia) di Kabupaten Tulungagung yang terlantar selama tahun 2022 kemarin berjumlah 12 orang. Mayoritas penyebabnya karena faktor bosan sendirian

"Mereka nekat bepergian sendiri dan berujung terlantar. Kebanyakan penyebab lansia terlantar di Tulungagung karena bosan, tidak ada teman ngobrol, akhirnya nostalgia datang kesini," ungkap Kabid Rehabilitasi Sosial (Rehabsos), Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tulungagung, Efif Sakti Wibowo, Jum'at 3 Februari 2023.  

Turnamen Ansor Cup XVIII Diimbau Tetap Kondusif di Tulungagagung

Efif menuturkan, lansia tersebut kebanyakan bosan sendirian di rumah dan mengenang memori masa mudanya. Sebab, belasan lansia itu punya memori masa muda di Tulungagung. Sehingga ingin bernostalgia mendatangi tempat-tempat yang pernah dia datangi di masa lampau.

"Tidak hanya itu, kenyataannya lansia yang terlantar itu kebanyakan adalah berasal dari keluarga mampu. Sebab mereka sering sendiri yang membuatnya bosan," jelasnya.

Isi Bulan Kemerdekaan, Santri Pendukung Ganjar Gelar Festival dan Menghias Jajanan Nusantara

Menurut Efif, lansia ditemukan di pinggir jalan oleh Satpol PP Kabupaten Tulungagung usai melakukan patroli. Setelah menjaring lansia, pihaknya segera melakukan pendataan oleh Dinsos Tulungagung.

Jika lansia tersebut tidak bisa menunjukkan identitas, maka Dinsos Tulungagung segera berkoordinasi kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) untuk dilakukan pengecekan identitas yang bersangkutan.

Halaman Selanjutnya
img_title