Sekolah Dilarang Jual Seragam, Pedagang di Tulungagung Ketiban Berkah

Suasana toko seragam di Kabupaten Tulungagung.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA JatimTahun ajaran baru 2024/2025 menjadi berkah bagi penjual seragam di Kabupaten Tulungagung. Jualan mereka laris manis apalagi setelah Pemprov Jatim mengeluarkan kebijakan pihak sekolah dilarang menjual seragam.

Harga Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan, Telur Ayam Ras Capai Rp 28 Ribu

Salah satu toko yang ketiban berkah di tahun ajaran baru ialah toko Lancar Jaya milik Mohammad Fahrudin (55) di Jalan Basuki Rahmat No 81 Kelurahan Kampungdalem. Pengamatan VIVA Jatim pada Senin, 15 Juli 2024, toko Fahrudin ramai dengan pembeli yang ingin membelikan seragam untuk anak mereka. 

Kebanyakan dari pembeli yang datang ialah pasutri yang mengajak anak mereka untuk masuk ke dalam toko. Ada juga pembeli yang sudah mencoba mengenakan seragam untuk sang buah hati.

Nelayan Tuban Hilang saat Melaut, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

"Alhamdulillah, tahun 2024 penjualan seragam meningkat 100 persen, dampak sekolah membebaskan membeli di luar. Mulai (seragam) SD, SMP, SMA karena beli di luar semua," terang Rudi, panggilan Fachrudin, kepada awak media, Minggu, 14 Juli 2024.

Ia mengaku, untuk tahun ini kebanyakan pembeli mencari seragam untuk SMP. Sedangkan untuk seragam SD) belum begitu ramai. Harga seragam SMA dan SMP hampir sama, di kisaran Rp180 ribu. Sementara untuk seragam SD sekitar Rp Rp140 ribu. 

Polda Jatim Kumpulkan Ratusan Kantong Darah saat Bakkes Harlantas ke-69 di Surabaya

Dalam sehari, papar Rudi, tokonya yang tak jauh dari Alun-alun Tulungagung ini bisa mengeluarkan ratusan baju seragam lengkap.

"Yang paling ramai hari ini [pembeli seragam] SMP. Untuk yang SD belum ada imbauannya masing-masing. Rata-rata per hari 200-300 stel (lengkap), mulai ramai pada pertengahan Juni. Bahkan bisa sampai September nanti," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title