Pemprov Jatim Optimis Surabaya Printing Expo 2024 Dongkrak Ekonomi

Suasana Surabaya Printing Expo (SPE) di Kota Surabaya.
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pameran Surabaya Printing Expo (SPE) 2024 berlangsung di Grand City Convex Surabaya, Kamis, 11 Juli 2024. Pemerintah Provinsi Jawa Timur yakin pameran yang berlangsung empat hari tersebut, turut mendongkrak perekonomian di wilayahnya.

Harga Pangan Kompak Naik di Akhir Pekan, Telur Ayam Ras Capai Rp 28 Ribu

"Mudah-mudahan dengan kegiatan [SPE 2024] ini ekonomi semakin membaik dan kami berharap ada sebuah pergerakkan ekonomi yang luar biasa di Jawa Timur," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Iwan.

Ia menyampaikan, bulan Juni 2024, Purchasing Manager's Index (PMI) Manufaktur Indonesia mencatat penurunan sebesar 1,4 poin, turun ke level 50,7 dari level 52,1 pada Mei 2024. Penurunan ini menunjukkan tanda-tanda stagnasi dalam kegiatan manufaktur domestik yang perlu segera diatasi.

Nelayan Tuban Hilang saat Melaut, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

Menyikapi situasi tersebut, pihaknya optimis dengan penyelenggaraan SPE 2024, level PMI Manufaktur Indonesia bisa tercapai sehingga perekonomian Jawa Timur semakin positif.

"Pemerintah Jawa Timur sangat optimis terkait dengan pertumbuhan ekonomi. Salah satunya adalah terkait dengan industri manufaktur yang didalamnya adalah mesin-mesin," katanya.

Polda Jatim Kumpulkan Ratusan Kantong Darah saat Bakkes Harlantas ke-69 di Surabaya

Sementara itu, CEO Krista Exhibitions, Daud D Salim menambahkan, SPE 2024 ini diharapkan dapat meningkatkan industri percetakan di Indonesia dan merupakan peluang yang baik bagi para pengusaha grafika agar lebih termotivasi untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk-produk unggulan.

Pameran ini dikatakannya, turut melibatkan 230 perusahaan dan 10 UMKM. Pameran tahun ini meningkat bila dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, baik dari segi jumlah maupun teknologi printing yang dihadirkan dan menyuguhkan segala jenis teknologi terkini cetak mencetak terkini mulai dari skala kecil, menengah, dan besar dengan berbagai teknologi percetakan.

Halaman Selanjutnya
img_title