24 Jam Non Stop: PLN Terus Kebut Pemulihan Listrik di Madura

Pemulihan listrik di Madura oleh PLN
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

JatimPLN mengerahkan ratusan personel yang bekerja 24 jam untuk mempercepat pemulihan listrik. PLN terus berupaya menangani gangguan listrik yang terjadi di Pulau Madura

Tersangka, 3 Konten Kreator Film Guru Tugas Ditahan Polda Jatim

Titik gangguan pada Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) kabel tanah di titik sambung Joint Pit (JP) 17 sisi Bangkalan dan JP 5 sisi Surabaya sudah ditemukan oleh pihak PLN. Untuk langkah percepatan, akan dilakukan penggantian kabel baru dan penyambungan ulang di kedua titik sambungan tersebut.

"Personel saat ini tengah melakukan penggelaran kabel, pemotongan dan dilanjutkan proses penyambungan (jointing) pada 2 sisi. Gangguan yang ditemukan di 2 titik ini akan dikerjakan secara paralel untuk proses recovery nya. Kami upayakan lebih cepat dari estimasi," terang Manager PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Pamekasan, Feri Asmoro.

Pancing Amarah Warga Madura, 3 Konten Kreator Film Guru Tugas Ditangkap Polisi

Proses pemulihan gangguan SKTT 150 KV Ujung-Bangkalan mendapatkan dukungan penuh dari Bupati Sumenep, Achmad Fauzi. Dirinya juga meminta masyarakat untuk tetap tenang dan bersabar.

“Kami terus mendukung kinerja PLN atas gangguan kelistrikan yang terjadi di Suramadu. Kami yakin dan percaya, PLN mampu menyelesaikan secepatnya, sehingga kelistrikan di Pulau Madura, khususnya Sumenep dan sekitarnya dapat pulih kembali, sehingga masyarakat dapat menikmati listrik seperti biasanya,” terang Achmad Fauzi.

Bangun Kepercayaan Publik, PLN Jatim Ajak Mitra Terapkan Budaya K3 dan Anti Suap

Hingga saat ini, PLN juga mengoperasikan 96 genset di lokasi pelayanan umum seperti rumah sakit, kepolisian, pondok pesantren dan lainnya. PLN pun terus melakukan kunjungan ke stakeholder memberikan penjelasan sekaligus melakukan pembagian lampu emergency. Ini adalah upaya PLN tetap menjaga terang selama masa pemulihan.

Wakil Kepala Puskesmas Jeddih, Masrufah memberikan dukungan atas peran PLN yang tetap mengupayakan agar pelayanan masyarakat di Madura tetap berjalan lancar.

"Genset mobile sangat dibutuhkan saat kondisi seperti ini. Alhamdulillah kami ucapkan terima kasih kepada PLN yang telah mendukung kami dengan mengoperasikan genset mobile, sehingga pelayanan tetap terlaksana dengan baik. Semoga kerja keras PLN akan memberikan hasil terbaik," terangnya.

Lebih lanjut, Feri kembali mengingatkan, bila melihat potensi gangguan listrik, masyarakat dapat melaporkan langsung kepada PLN melalui fitur Pengaduan di aplikasi PLN Mobile.