Hampir 100 Pelaku Penjarahan di Area Gempa Ditangkap Tim Keamanan Turki

Reruntuhan pasca gempa
Sumber :
  • Viva

Jatim – Sabtu pekan lalu, Sedikitnya 98 tersangka ditangkap oleh Tim keamanan Turki atas dugaan penjarahan bangunan yang rusak atau prank calling korban setelah gempa kuat mengguncang wilayah tersebut pada Senin pekan lalu. 

Pakar Kesehatan Mental Sarankan Ini ke Sandra Dewi, Biar Tidak Semakin Hancur

Menurut sumber keamanan yang ingin tetap anonim karena pembatasan media, telah dilakukan penyidikan oleh tim keamanan terhadap setidaknya 42 tersangka di provinsi Hatay selatan Turki atas klaim penjarahan bangunan yang rusak akibat gempa.

Dikutip dari Viva.co.id, Tim keamanan menyita $11.000, 70.000 lira Turki ($3.700), 20 ponsel, delapan laptop, lima peralatan, enam senjata, dan tiga senapan serta perhiasan dan kartu bank milik orang yang berbeda dari penangkapan empat puluh tersangka.

Bongkar Ribuan Obat-Obatan Berbahaya, Polres Trenggalek Tangkap 9 Tersangka

Sementara, dua tersangka lainnya yang menyamar sebagai pekerja bantuan, ditangkap setelah diduga mencoba menjarah enam truk berisi makanan untuk korban gempa di provinsi Hatay.

Secara terpisah, enam tersangka di distrik Beykoz Istanbul berhasil ditangkap oleh tim keamanan karena menipu korban gempa di Gaziantep selatan, melalui telepon. Korban, Nedim Akarsu, ditelepon oleh para tersangka yang memperkenalkan diri sebagai pekerja telekomunikasi dan mengatakan bahwa mereka dapat membantu setelah dia memberikan informasi perbankan pribadinya. Akarsu memberi tahu polisi setelah menyadari uang di rekening banknya telah dipindahkan ke rekening lain. 

Polisi Bongkar Sindikat Curanmor di Mojokerto, 3 Residivis Ditangkap

Dari penangkapan itu, dua laptop, sejumlah besar ponsel, satu senjata api yang tidak terdaftar, dan barang-barang kriminal disita oleh tim polisi.

Menurut sumber setempat, sebanyak 48 tersangka ditangkap dan tujuh lainnya dibebaskan dengan jaminan sebagai bagian dari penyelidikan terpisah di delapan provinsi. Sebagai bagian dari penyelidikan terpisah yang diluncurkan oleh jaksa penuntut di selatan provinsi Kahramanmaras yang dilanda gempa, tiga dari lima tersangka ditangkap karena pencarian dua tersangka lainnya sedang berlangsung.

Halaman Selanjutnya
img_title