Kapolda Jatim Ditegur Kapolri akibat Ulah Brimob Bikin Gaduh di Sidang Kanjuruhan

Kapolri saat meneggur Kapolda Jawa Timur
Sumber :
  • Viva.com

JatimKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan teguran kepada Kapolda Jawa Timur (Jatim) Irjen Pol Toni Hartanto akibat insiden sejumlah Brimob di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

Hal ini terjadi akibat tindakan sejumlah anggota Brigade Mobil (Brimob) yang memberi dukungan yel-yel untuk terdakwa Tragedi Kanjuruhan. Mereka pun disebut turut mengganggu jalannya sidang perkara lain di PN Surabaya

"Kita sudah tegur Kapolda untuk menegur para anggota tersebut agar bisa tenang karena di ruang sidang," ujar Sigit di Jakarta Selatan, Kamis 16 Februari 2023. 

Forkopimda Jatim Dampingi Kapolri hingga Menhub Tinjau Kesiapan Mudik di Terminal Purabaya

Pengamatan VIVA Jatim di lokasi, karena teriakan yel-yel tersebut, petugas keamanan PN Surabaya pun menegur puluhan anggota Brimob dan diingatkan agar tidak membuat suara yang menimbulkan kegaduhan. Sebab, selain perkara Tragedi Kanjuruhan, saat itu tengah berlangsung pula sidang perkara lainnya.

Diketahui, sebelumnya Brimop tersebut sebenarnya bertugas mengamankan jalannya sidang perkara Tragedi Kanjuruhan di Pengadilan Negeri Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 14 Februari 2023. Mereka ditegur petugas karena meneriakkan yel-yel penyemangat untuk tiga terdakwa dari Kepolisian RI. Mereka ditegur karena membuat suasana PN Surabaya ramai, padahal sidang perkara lain tengah berlangsung.

Menhub, Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Fasilitas Pelayanan Mudik di Terminal Purabaya Sidoarjo

Saat itu, duduk sebagai terdakwa di sidang perkara Tragedi Kanjuruhan ialah Danki 1 Brimob Polda Jatim AKP Hasdarmawan, Kabag Ops Polres Malang Kompol Wahyu Setyo Pranoto dan Kasat Samapta Polres Malang AKP Bambang Sidik Achmadi. Teriakan yel-yel itu disuarakan secara serentak oleh puluhan anggota Brimob yang berjaga saat sidang diskors pada pukul 15.45 WIB.

Saat ditanya lebih lanjut, Sigit tak merinci teguran apa yang diberikan Kapolda untuk sejumlah anggota Brimob tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title