Tebing 8 meter Longsor di Mojokerto, Akses Jalan Pacet-Trawas Tertutup akibat Dua Pohon Tumbang

Akses Jalur Pacet-Trawas Tertutup akibat Dua Pohon Tumbang
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

JatimHujan deras mengguyur wilayah Mojokerto pada Kamis, 16 Februari 2023 sore menyebabkan tebing di jalan Pacet-Trawas longsor. Dua pohon raksasa pun juga ikut tumbang. 

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

Dua pohon jenis Bulu itu menutupi badan jalan dengan lebar sekitar 6 meter dan panjang 15 meter. Selain itu, tumbangnya pohon itu juga disertai tergerusnya material tanah oleh derasnya hujan.

"Tanah longsor mengakibatkan arus lalu lintas tertutup total. Ketebalan reruntuhan material tebing sekitar 2 meter. Kemudian ada rumpun bambu yang juga ikut material longsoran," kata Ketua Lembaga Penanggulangan Bencana dan Iklim (LPBI) Nahdlatul Ulama Kabupaten Mojokerto, Saiful Anam kepada Vivajatim.co.id di lokasi, Kamis, 16 Februari 2023 malam. 

8 Kecamatan Terdampak Luapan Banjir Akibat Hujan Deras di Trenggalek

Menurut dia, tebing tersebut longsor terjadi sekitar pukul 17.00 WIB saat hujan mengguyur. Pihaknya mendatangi lokasi sekitar pukul 18.00 WIB. Selain LPBI NU, evakuasi juga melibatkan PMI dan BPBD Mojokerto, polisi dan TNI, serta relawan Team Stress Adventure (TSA).

"Saat ini evakuasi pohon dibantu dengan alat berat karena dua pohon yang tidak memungkinkan diangkat oleh tenaga manusia," jelasnya. 

Banjir Bandang Selutut Orang Dewasa Landa Munjungan Trenggalek

Dahan-dahan 2 pohon besar yang tumbang dipotongi menggunakan senso. Sementara dua pangkal pohon jenis Bulu itu panjangnya masing-masing sekitar 3 meter. 

"Saat ini evakuasi pohon dibantu dengan alat berat karena dua pohon yang tidak memungkinkan diangkat oleh tenaga manusia," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title