Terapkan KTP Digital, Pemkab Kediri Buka Layanan Aktivasi 3,9 Ribu Penduduk

Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Pemkab Kediri
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – Digitalisasi kependudukan telah diberlakukan Pemerintah Kabupaten Kediri melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil). Per 17 Februari 2023, Dispendukcapil Kediri berhasil melakukan pemindahan identitas kependudukan 3.906 warga ke digital.

Menilik Sejarah Kabupaten Kediri yang Berusia 1220 Tahun

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Kediri, Wirawan menuturkan kendari KTP digital sekarang telah diberlakukan, tetapi tidak menghapus fisik KTP elektronik. KTP digital nantinya memudahkan masyarakat perihal database kependudukan tanpa perlu membawa dokumen fisik.

"Identitas kependudukan digital mampu meringkas dokumen yang selama ini masih konvensional yaitu berupa hard copy. Dulunya disimpan di dompet, saat ini dapat dibuka dalam gadget," ujar Wirawan kepada Viva Jatim, Sabtu 18 Februari 2023.

Baru 140 Warga Penghayat Kepercayaan di Tulungagung yang Ubah Kolom Agama KTP

Sementara, Kabid Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK), Ongky Asep Satuhu menjelaskan ada syarat untuk masyarakat yang akan melakukan aktivasi IKD. Pertama yaitu harus memiliki KTP elektronik ataup minimal sudah melakukan perekaman. Termasuk mempunyai smartphone android minimal 7.2 serta email. 

Ongky menambahkan langkah pertama kali bisa mengunduh aplikasi Identitas Kependudukan Digital di play store. Selanjutnya mengisi email dimana harus sama dengan yang dipakai di gadget. Lalu, menginput serta nomor hp, dan mengklik verifikasi data.

Bandara Dhoho segera Beroperasi, Khofifah Yakin Tumbuhkan Kediri Raya

Pasca tahapan itu, dengan klik tombol ambil foto dengan selfie. Ia mengaku tujuan selfie guna membandingkan apakah orang yang selfie sesuai dengan foto yang ada di database kependudukan. Baru dilakukan scan QR Code hanya bisa dilakukan oleh petugas.

"Untuk langkah-langkah selanjutnya akan dipandu petugas atau operator. Pemohon bakal menerima email berisi 6 digit angka dan link aktivasi termasuk penggantian PIN," paparnya.

Halaman Selanjutnya
img_title