Soal Kapan Jadwal Sidang Etik Bharada E, Begini Penjelasan Jendral Sigit

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo
Sumber :
  • Viva

JatimKapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menegaskan tidak mungkin sidang komisi kode etik itu ditiadakan. Sidang komisi etik profesi terhadap Bharada E atau Richard Eliezer Pudihang Lumiu tetap akan dilaksanakan. Begitu juga dengan Irjen Teddy Minahasa Putra dan Bripka Ricky Rizal Wibowo. 

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

“(Sudah pasti sidang etik) Iya. Tidak mungkin namanya sidang etik dihilangkan, tinggal pelaksanaannya kapan,” kata Sigit di Mabes Polri pada Selasa, 21 Februari 2023.

Saat ini, Kepala Divisi Propam Polri Irjen Syahardiantono sedang menyusun tim komisi kode etik profesi. 

Forkopimda Jatim Dampingi Kapolri hingga Menhub Tinjau Kesiapan Mudik di Terminal Purabaya

Tentu, Sigit menyebut semua aspek akan dipertimbangkan baik yang meringankan maupun lainnya untuk sidang komisi kode etik terhadap Bharada Richard dan Bripka Ricky Rizal. “Semuanya akan hitung dan itu kewenangannya nanti ada di komisi kode etik,” ujarnya.

Kejaksaan Agung Republik Indonesia tidak mengajukan upaya hukum banding atas putusan 1 tahun 6 bulan penjara Richard Eliezer Pudihang Lumiu alias Bharada Richard Eliezer yang divonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada Rabu, 16 Februari 2023. 

Menhub, Kapolri dan Panglima TNI Tinjau Fasilitas Pelayanan Mudik di Terminal Purabaya Sidoarjo

Jaksa Agung Muda Pidana Umum (Jampidum) Kejaksaan Agung, Fadil Zumhana mengatakan Richard Eliezer telah berterus terang, kooperati dari awal kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J mencuat. Sehingga, itu merupakan contoh bagi para pelaku penegak hukum yang mau membongkar suatu peristiwa tindak pidana.

“Jadi bahan pertimbangan juga bagi Kejaksaan Agung untuk tidak menyatakan banding dalam perkara ini,” kata Fadil di kantornya pada Kamis, 16 Februari 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title