Dahar Durian, Cara Warga Dongkrak Wisatawan di Momen Hari Jadi Kediri Ke-1219

Momen Bupati Kediri Mas Dhito berikan durian ke warga
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Jatim – 'Dahar Durian' merupakan salah satu cara Masyarakat Desa Medowo, Kecamatan Kandangan Kabupaten Kediri mengenalkan komoditas durian asal Medowo, sehingga lebih dikenal masyarakat secara luas. Selain itu juga sekaligus Memperingati Hari Jadi Kabupaten Kediri yang ke-1219.

Diproyeksikan Jadi Baju Adat, Pemkab Launching Busana Khas Wastra Kediri

Total ada 2023 buah durian disusun menjadi lima tumpeng. Ribuan durian dibagikan ke masyarakat yang datang ke lokasi. Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana ikut berpartisipasi mendatangi kegiatan sekaligus membagikan durian kepada warga secara gratis.

"Harapannya dapat terus dipertahankan, dan tahun depan ini akan kita jadikan acara tahunan Pemkab Kediri," terang Hanindhito Himawan Pramana kepada Viva Jatim, Minggu 5 Maret 2023.

Semarak Hari Jadi 1220 Tahun, Mas Dhito Ingin Kejayaan Kediri Terulang Kembali

Mas Dhito, sapaan akrabnya, mengungkapkan kegiatan yang diselenggarakan masyarakat Desa Medowo tersebut menjadikan event menyambut Hari Jadi Kediri Ke-1219. Selain itu, masyarakat ini diharapkan dapat mempertahankan dan berdampak pada kunjungan wisatawan ke Desa Wisata Medowo.

Pantauannya, masyarakat berbondong-bondong Dahar Durian bukan hanya yang ada di sekitar Kecamatan Kandangan, akan tetapi juga dari luar daerah. Hal itu mengingat Desa Medowo merupakan wilayah yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Jombang dan Malang.

Puluhan Pejabat Pemkab Kediri Dimutasi, Ini Harapan Mas Dhito

Pria berkacamata ini mengatakan, guna mengurai masyarakat agar berebut buah durian, panitia menginisiasi membuatkan kupon yang dibagikan kepada pengunjung di pintu masuk lokasi kegiatan.

"Dahar Durian Medowo ini, dua tahun lalu sebelum pandemi (pengunjung) sampai macet-macet," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title