Kebakaran Hebat Depo Pertamina, Jokwi Usul Ada Relokasi antara Pemukiman atau Depo

Foto Udara Terkini Usai Kebakaran Depo Pertamina Plumpang
Sumber :
  • Viva

JatimTragedi kebakaran hebat Depo Pertamina di kawasan Plumpang, Koja, Jakarta Utara pada Jumat malam, 3 Maret 2023 memberikan perhatian Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku telah memerintahkan Menteri Badan Usaha Milik Negera, Erick Thohir dan Pejabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono segera cari solusi kebakaran Depo Pertamina Plumpang, Jakarta utara.

"Saya sudah perintahkan kepada Menteri BUMN dan juga Gubernur DKI untuk segera mencari solusi dari kejadian yang terjadi di Plumpang. Terutama, karena ini zona yang bahaya," ujar dia kepada wartawan, Minggu 5 Maret 2023.

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

Eks Walikota Solo ini mengatakan, pemukiman warga dekat Depo sudah tidak bisa lagi dihuni karena terdampak kebakaran dan lokasi tersebut menjadi berbahaya. Maka, dia mencontohkan agar warga bisa dipindahkan ke lokasi relokasi atau Deponya yang dipindahkan.

"Tidak bisa lagi ditinggali, tetapi harus ada solusinya. Bisa saja Plumpangnya digeser ke (pulau) reklamasi atau penduduknya yang digeser ke relokasi," katanya.

Kata Jokowi Soal MK Tolak Gugatan Anies dan Ganjar

Jokowi juga memerintahkan agar solusi dari permasalahan ini segera ditemukan dalam waktu yang tak lama. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan Pertamina diminta bisa segera menentukan formulanya. 

"Ini yang baru nanti dibicarakan, ada pilihan-pilihan, ada opsi-opsi, apakah deponya yangg digeser apakah masyarakat nya yang digeser. Kalau digeser tanahnya di mana. Tapi harus segera ditemukan solusinya," ujar dia lagi.

Halaman Selanjutnya
img_title