Kementerian Satu Suara akan Subsidi Pembelian Kendaraan Listrik

Wuling Air Ev mulai dikirim ke konsumen
Sumber :
  • Viva

Jatim – Untuk membantu mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak, sekaligus membantu upaya mencapai net zero emission, Pemerintah berencana memberikan bantuan kepada masyarakat yang hendak membeli kendaraan listrik, baik itu mobil maupun sepeda motor. 

PLN Sediakan SPKLU di Setiap Rest Area Tol, Total Ada 1.299 Unit se-Indonesia

Terkait rencana pemberian insentif itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan bahwa saat ini pihak kementerian dan instansi terkait sudah satu suara.

“Sebenarnya ini masalah yang tidak terlalu sulit, dan kini semua sudah satu suara,” ujarnya saat konferesi pers Insentif Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, dikutip Senin 6 Maret 2023. 

Sambut Lebaran 2024, PLN Jatim Siagakan 4.782 Personel dan Tambah 47 SPKLU

Menko Luhut menuturkan, bahwa pemerintah rencananya akan mulai memberikan bantuan pembelian kendaraan listrik kepada masyarakat pada 20 Maret mendatang. “Nanti semoga 20 Maret sudah bisa dilaksanakan,” tuturnya. 

Sementara itu, Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan bahwa pihaknya sudah menghitung seberapa banyak unit kendaraan listrik yang akan diberikan subsidi tersebut.

Tren Modifikasi Mobil Ini Meningkat Pesat di Indonesia

“Untuk sepeda motor listrik itu 200 ribu unit sampai dengan akhir Desember 2023. Mobil sampai saat ini ada dua, Hyundai Ioniq 5 dan Wuling, kami berikan bantuan untuk 35.900 unit sampai akhir tahun ini,” ungkapnya. 

Bukan hanya dua jenis kendaraan itu, transportasi massal berupa bus listrik disebutkan oleh Menperin juga bakal mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Halaman Selanjutnya
img_title