Pasutri Lumajang Ditangkap Terkait Kasus Dugaan Perdagangan Orang Jaringan Internasional

2 Tersangka Penyalur TKW Ilegal
Sumber :
  • Viva

Jatim – Pasangan suami-istri atas nama HR (39) dan LIS (47) ditetapkan sebagai tersangka oleh Aparat Kepolisian Resor Lumajang dalam Kasus dugaan perdagangan orang jaringan internasional.  Keduanya pun saat ini ditahan. 

Tak Hanya Listrik, Petugas PLN Juga Wajib Tahu Cara Tangani Limbah B3

Selain HR dan LJS, dalam kasus itu penyidik juga menetapkan SR (50), warga Pondok Kopi, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, sebagai tersangka.

“Kasus ini terkait dengan dugaan pelanggaran perbuatan yang dengan sengaja menempatkan tenaga kerja migran Indonesia ke luar negeri tanpa dokumen persyaratan yang lengkap,” kata Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Toni Harmanto di Markas Polda Jatim di Surabaya, Selasa, 7 Maret 2023.

Rizky Febian dan Mahalini Resmi Menikah, Begini Reaksi Warganet

Kepala Polres Lumajang Ajun Komisaris Besar Polisi Boy Jeckson S menjelaskan, Berdasarkan informasi dari masyarakat tentang adanya penampungan calon tenaga kerja wanita (TKW) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Desa Sukorejo, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang, kasus ini pun dapat diungkap.

Setelah dilakukan penyelidikan, tim kemudian bergerak ke sebuah rumah di Desa Sukorejo pada Minggu, 5 Maret 2023. Di lokasi, petugas menemukan 17 calon TKW yang ditampung di rumah tersebut. Mereka semua berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. “Dari 17 CTKI itu, tiga di antaranya tidak memiliki dokumen kependudukan. Ada satu orang yang tengah hamil tiga bulan,” kata Boy.

Aksi Donor Darah RSWH, 30 Kantong Darah Disumbangkan ke PMI Gresik

Dalam pemeriksaan diketahui, ke-17 calon TKW tersebut sudah berada di tempat penampungan selama sepuluh hari. Mereka menunggu untuk diberangkatkan ke Timur Tengah untuk bekerja secara ilegal di Arab Saudi, sebagaimana dijanjikan oleh tersangka. 

“Setelah melakukan pemeriksaan secara maraton, penyidik menetapkan tiga orang sebagai tersangka, yaitu HR, LJS, dan SR,” ujar Boy.

Halaman Selanjutnya
img_title