WhatsApp Berpotensi Menjadi Aplikasi Ilegal

Whatsapp
Sumber :
  • Viva

Jatim – Kepala aplikasi, Will Cathcart mengatakan bahwa WhatsApp berpotensi dilarang di Inggris. RUU Keamanan Daring yang akan datang dapat memaksa aplikasi untuk melemahkan enkripsi end-to-end yang saat ini mengamankan pesan di platform.

Soal Serangan Rudal dari Iran, Israel: akan Ditanggapi dengan Baik

Dikutip dari viva.co.id pada Minggu, 12 Januari 2023, jika pemerintah memaksa perusahaan untuk melemahkan keamanan itu, WhatsApp akan menolak, sehingga ada kemungkinan anak perusahaan Meta itu akan dilarang sepenuhnya di dalam negeri.

Enkripsi end-to-end adalah sebuah sistem untuk mengamankan pesan dengan memastikan bahwa hanya pengirim dan penerima yang dapat membacanya, bahkan layanan sendiri tidak memiliki aksesnya. 

Komitmen ACI Wujudkan Kedaulatan dan Kesejahteraan Ekonomi Bangsa Indonesia

Perusahaan teknologi dan pakar keamanan mengatakan perlu untuk melindungi pesan dari peretasan dan ancaman lainnya tetapi pejabat di Inggris berpendapat bahwa itu harus dilemahkan sehingga pesan dapat dipindai untuk konten ilegal. 

Cathcart mengungkapkan keterkejutannya bahwa perusahaan akan dipaksa melakukan kebijakan seperti itu, menurut laman Independent, Minggu, 12 Maret 2023.

Festival Kampung Ramadan, Sinergi Surabaya-Inggris Kembangkan Produk UMKM

"Ini hal yang luar biasa untuk dipikirkan. Pengalaman yang kami hadapi di seluruh dunia hanya terjadi di pemerintahan yang mencoba menindak kemampuan warganya untuk berkomunikasi dengan bebas,” jelasnya.

Jika pemerintah Inggris mendorong perubahan seperti itu, hal tersebut akan membentuk hal yang sama di seluruh dunia dengan topik yang berbeda dan tentang masalah yang berbeda. 

Halaman Selanjutnya
img_title