Tagih 9 Janji Politik Mundjidah-Sumrambah, Demo Mahasiswa Jombang Ricuh

Demo mahasiswa kelompok Cipayung di depan pendopo Kabupaten Jombang
Sumber :
  • VIVA Jatim/M Lutfi Hermansyah

Jatim – Kericuhan mewarnai aksi demonstrasi ratusan mahasiswa di depan Pendopo Kantor Bupati Jombang, Senin, 20 Maret 2023. Aksi saling dorong dan kontak fisik terjadi akibat massa memaksa masuk ke dalam lingkungan Pendopo. Sementara polisi melarang mereka masuk.

HUT PMII ke-64, Khofifah: Bangun Kualitas Pergerakan Bernafaskan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Dalam aksinya, mahasiswa yang tergabung dalam Cipuyung Plus ini menyuarakan kritik kepemimpinan Bupati Mundjidah Wahab bersama wakilnya, Sumrambah. Mahasiswa yang terdiri dari PMII, HMI, dan GMNI ini menilai selama 4 tahun Mundjidah-Sumrambah tak bisa merealisasikan 9 janji politiknya saat kampanye.

Selain itu, mahasiswa juga mengaku tak pernah dilibatkan dalam sektor apapun termasuk pembangunan Kabupaten Jombang. 

Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

"Kita tidak pernah dilibatkan dalam sektor pembangunan daerah, oleh sebab itu kami terpaksa turun ke jalan," kata ketua PC PMII Jombang Rizal Abdillah.

Pantauan di lokasi, para mahasiswa tersebut membentangkan spanduk dengan berbagai macam tulisan, seperti 'Jombang Medot Janji'.

Mahasiswa Demo di Kemenag Trenggalek, Pertanyakan Penerapan PMA Pencegahan Kekerasan Seksual

Aksi saling dorong terjadi ketika para mahasiswa mendesak agar pemerintah mau menemui massa sebagai bentuk pertanggungjawaban kinerja mereka, namun justru tak ada yang mau menemui. 

Petugas yang berjaga di pintu gerbang mencoba menghalau massa. Aksi saling dorong dan saling pukul pun tak terhindarkan.

Halaman Selanjutnya
img_title