6 Kesepakatan Ketum Tiga Partai Politik yang Mengusung Koalisi Perubahan

Anies Baswedan lakukan kunjungan pertama kali ke Jawa Timur
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

JatimKoalisi Perubahan untuk Persatuan Indonesia atau Koalisi Perubahan yang mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres terbentuk. Peresmian ditandai penandatanganan tim kecil dari perwakilan tiga partai politik

Demokrat Jatim Pertahankan Kursi Pimpinan DPRD, Pengamat Ungkap Kerja Keras Emil

Ada Partai Demokrat, Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Demokrat, Teuku Riefky Harsya menyebut ada enam poin yang disepakati para ketua umum partai koalisi ini.

"Ada enam butir kesepakatan (dari piagam koalisi perubahan ini)," kata Riefky kepada wartawan, Jumat 24 Maret 2023. 

Respons Menohok PKS soal Pertemuan Surya Paloh dengan Prabowo

Pertama, membentuk koalisi dengan nama Koalisi Perubahan untuk Persatuan atau yang disebut dengan Koalisi Perubahan. Kedua, ketiga partai sepakat mendukung Anies Baswedan dalam kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres).

Lalu, yang ketiga, memberikan mandat kepada calon presiden untuk memilih calon pasangannya. Keempat, memberi keleluasaan kepada calon presiden berkomunikasi dengan partai politik lain dalam rangka memperluas basis dukungan. 

Anies dan Cak Imin Angkat Bicara soal Kemenangan Prabowo di Pilpres 2024

Kelima membentuk sekretariat perubahan yang merupakan kelanjutan dari tim persiapan atau tim kecil. Lalu, keenam, tiga partai bakal mengumumkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden 2024.

"Jadi, itu yang menjadi 6 poin di dalam piagam yang ditandatangani oleh tiga ketua umum partai," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title