Kiai Said dan Gus Yahya Berseberangan soal Timnas Israel di Piala Dunia U 20

Kiai Said Aqil Siradj dan Gus Yahya Staquf
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Belakangan ini menjadi ramai diperbincangkan soal rencana kedatangan Tim Nasional (Timnas) Israel yang akan berlaga di Piala Dunia U 20 di Indonesia. Pasalnya, fakta tersebut menuai kontroversi di kalangan masyarakat, tak terkecuali bagi banyak kalangan elite.

Momen Bersejarah, Pesantren Pertama NU Diresmikan di Jepang oleh Dubes RI

Sejumlah kalangan menolak kedatangan Israel ke Indonesia karena dilandasi oleh sikap politik tanah air yang perlu ditegakkan. Namun pihak lain justru tidak mempersoalkan bila Israel ikut bertanding dengan alasan menjaga sportifitas dalam dunia olahraga.

Perbedaan pandangan ini nampak terlihat di kalangan Kiai-Kiai Nahdlatul Ulama. Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj menolak tegas kehadiran Timnas Israel dalam perhelatan Piala Dunia U 20 yang akan digelar di Indonesia.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Menurut Kiaj Said, penolakan ini harga mati. Said Aqil bahkan menuturkan sikapnya itu dilandasi Al-Qur’an. Bukan berdasarkan pendapat pribadi.

"Saya pribadi dan banyak sekali kiai seperti saya, menolak kedatangan Israel. Itu Al-Qur'an. Kita ini manusia, siapa sih kita bisa melawan Al-Qur'an. Itu ada ayatnya," kata Kiai Said di Jakarta, seperti dilansir dari VIVA, Minggu, 26 Maret 2023.

Minta Nasihat, Ketua TKD KIM Gresik Silaturahmi ke Ketua PCNU

Kiai Said lebih jauh menjelaskan, sikap penolakan ini juga bentuk konsistensi keberpihakan Indonesia terhadap Palestina, negara Islam yang terus ditindas oleh Israel.

"Tiap hari membunuh orang Palestina, apa mau kita temani temuin orang begitu. Ini keberpihakan kita terhadap Palestina," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title