Banjir dan longsor Melanda Mojokerto, 4 Bangunan Rusak

Potret rumah yang rusak akibat longsor di Mojokerto
Sumber :
  • Viva Jatim/M Lutfi Hermansyah

Jatim – Sebanyak 4 bangunan milik warga Mojokerto dilaporkan rusak akibat dilanda tanah longsor dan angin kencang. Selain itu, banjir juga sempat merendam rumah dan jalur alternatif Mojokerto-Jombang di Desa Modongan, Kecamatan Sooko. 

12 Rumah di Trenggalek Tertimpa Tanah Longsor

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Mojokerto Djoko Soepangkat mengatakan, tanah longsor terjadi di Dusun Jaten, Desa Selotapak, Kecamatan Trawas pada Sabtu, 25 Maret 2023 sekitar pukul 17.00 WIB. 

Tebing setinggi 3 meter dan panjang 10 meter  yang longsor menimpa dinding sebelah kanan ruang tamu rumah Slamet dan tembok penahan tanah (TPT) milik Parmi. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini. Namun, dinding kamar dan ruang tamu rumah Edy ambrol

8 Kecamatan Terdampak Luapan Banjir Akibat Hujan Deras di Trenggalek

"Kerusakan tembok kamar dan ruang tamu 6x4 meter persegi milik Slamet. Sementara ini tafsiran kerugian masih dalam perhitungan," katanya dalam keterangan tertulisnya, Minggu, 26 Maret 2023. 

Di saat yang sama, angin kencang menyapu Desa Kejagan dan Wonorejo di Kecamatan Trowulan. Hujan intensitas sedang disertai angin kencang menyebakan 2 bangunan di Desa Wonorejo. Yakni, atap warung es kelapa muda berbahan galvalum milik Johan (25) rusak berat seluas 8x9 meter persegi, serta atap warung bakso berbahan galvalum milik Andre (47) rusak berat seluas 3,5x9 meter persegi

Jalur Pantura Pasuruan-Surabaya Terendam Banjir, Lalu Lintas Lumpuh Total

"Atap  yang terbuat dari Galvalum milik MTS Miftachul Hidayah di Desa Kejagan, Kecamatan Trowulan rusak berat beukuran 8×28 meter persegi," ungkap Djoko. 

Hujan dengan intesitas sedang hingga tinggi juga mengakibatkan salauran irigasi di Desa Modongan, Kecamatan Sooko, Mojokerto meluap. Banjir pun menyebabkan puluhan rumah  dan jalur alternatif Mojokerto-Jombang terendam. 

Halaman Selanjutnya
img_title