Anwar Sadad Gerindra Jatim: Politik Itu Penjaga Agama

Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad di Tadarus Politik Milenial.
Sumber :
  • Dokumen Gerindra Jatim

Jatim – Ketua DPD Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad menyampaikan bahwa politik atau kekuasaan adalah bagian dari agama. Mengutip Hujjatul Islam, Imam Al-Ghazali, menurut Sadad dalam Islam agama adalah hal yang pokok. Sementara politik adalah instrumen untuk menjaga agama.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

“Agama itu pokok, sedang kekuasaan adalah penjaganya,” kata Sadad saat berbicara di acara Tadarus Politik Milenial di GOR Darul Lughoh wal Karomah Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, Rabu kemarin, dikutip Viva Jatim pada Kamis, 30 Maret 2023.

Dengan pemahaman seperti itu, maka bisa dibedakan apa yang dimaksud politik pragmatis dan apa yang dimaksud politik partisipatif. Menurut Sadad, politik partisipatif meniscayakan adanya ruang akomodatif terhadap kepentingan masyarakat. 

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

“Oleh sebab itu, saya tekankan pada adik-adik semua, politik itu adalah cara untuk menjaga agama kita, karenanya mereka yang kita pilih haruslah orang yang benar-benar bisa menjaga agama kita,” tandas Sadad. 

Program Tadarus Politik Milenial adalah kegiatan yang dibuat DPD Gerindra Jatim selama bulan Ramadan. Sasarannya para santri di seluruh Jawa Timur. Karena itu program ini ditempatkan di sejumlah pesantren dengan cara digilir. Nah, keliling mengikuti program ini, Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad serasa pulang ke rumah.

Gerindra Berharap Usai Putusan MK Kondisi Ekonomi Bangsa Membaik

“Saya kalau ketemu santri dan ke pesantren, seakan pulang ke rumah, sebab saya pernah duduk dan belajar di lembaga yang sama dengan adik-adik sekalian,” kata Sadad.

Wajar Sadad merasa pulang ke rumah. Sebab, alumnus Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya itu sejak kecil dibesarkan di lingkungan pesantren. Sejak dini, alumnus Pondok Pesantren Sidogiri itu dididik ala santri.

Halaman Selanjutnya
img_title