Berbuntut, Jokowi Ungkap Kesedihan Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Presiden Jokowi di RSAA Malang.
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimPresiden Joko Widodo (Jokowi) mendapat laporan tentang pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dari Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. Keputusan itu membuat masyarakat Indonesia sangat kecewa. 

Fakta-fakta Menarik Kemenangan Timnas Indonesia atas Vietnam 3-0

"Tadi malam saya telah mendapatkan laporan dari ketua umum PSSI bahwa FIFA telah memutuskan membatalkan Piala Dunia U-20 di Indonesia. Tentunya kita harus menghormati keputusan tersebut. Saya tahu keputusan ini membuat banyak masyarakat kecewa," kata Jokowi dikutip dari pernyataan persnya, Kamis 30 Maret 2023.

Tak hanya masyarakat Indonesia, Presiden pun turut merasakan kekecewaannya terhadap pembatalan tersebut. 

Jokowi Dikabarkan Maju Calon Ketum Partai Golkar, Apakah Benar?

"Saya pun sama juga merasakan hal itu, kecewa dan sedih."

Kendati demikian, Jokowi meminta masyarakat agar tidak saling menyalahkan. Peristiwa ini, kata Jokowi, dapat dijadikan sebagai pelajaran dalam dunia persepakbolaan Indonesia.

Bersama Timnas Indonesia, Justin Hubner Ingin Kembali Kalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia

"Tapi, jangan menghabiskan energi untuk saling menyalahkan satu sama lain, dan sebagai bangsa yang besar, kita harus melihat ke depan jangan melihat ke belakang. Jadikan hal ini sebagai pembelajaran berharga bagi kita semuanya, bagi persepakbolaan nasional Indonesia," kata Jokowi.

FIFA resmi mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 yang diumumkan pada Rabu malam, 29 Maret 2023. Keputusan ini diambil setelah Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Halaman Selanjutnya
img_title