Proyeksi Ekonomi ASEAN Tumbuh Positif, Sri Mulyani: Kita Perlu Tetap Waspada

Menkeu Sri Mulyani
Sumber :
  • Antara/Viva.co.id

Jatim – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menilai bahwa negara-negara ASEAN harus tetap waspada dalam menghadapi tantangan ke depannya. Meski beberapa organisasi internasional memproyeksikan ekonomi kawasan ASEAN tumbuh positif pada 2023, yang mana itu seiring dengan meredanya pandemi COVID-19. 

Hadiri Sidang Sengketa Pilpres, Sri Mulyani: Bansos Masuk Fungsi APBN

"Kita semua perlu tetap waspada dan bersiap menghadapi beberapa tantangan eksternal yang dapat menyebabkan gejolak ekonomi regional kita," kata Sri Mulyani dalam pembukaan Pertemuan Pertama Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN (AFMGM) 2023 di Nusa Dua, Bali, Jumat, 31 Maret 2023.

Situasi yang saat ini dinamis, jelas Sri Mulyani, memerlukan pembaharuan kebijakan untuk meresponnya.

Ini Dia Kabar Baik dari Menkeu Sri Mulyani soal THR PNS dan Pensiunan

"Kita juga harus aktif menjaga dan memfasilitasi situasi ini agar kita dapat terus melakukan yang terbaik dalam reformasi ekonomi dan memastikan keberlanjutan," jelasnya. 

Sri Mulyani menuturkan, di bawah para menteri keuangan dan gubernur bank sentral terdapat enam inisiatif yang terbagi ke dalam enam komite kerja.

Wah! Jumlah Hutang Pemerintah Naik, Capai Rp 8.253,09 triliun per 31 Januari 2024

Adapun hal itu diantaranya, pertama Komite Kerja ASEAN untuk Bidang Liberalisasi Jasa Keuangan atau Financial Services Liberalization. Kedua, Komite Kerja ASEAN untuk Bidang Liberalisasi Neraca Modal atau Capital Account Liberalization.

Kemudian ketiga, Komite Kerja ASEAN untuk Bidang Pengembangan Pasar Modal atau Capital Market Development. Keempat, Komite Kerja ASEAN untuk Bidang Inklusi Keuangan atau Financial Inclusion. 

Halaman Selanjutnya
img_title